Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Paus yang Terdampar di Perairan Situbondo Akhirnya Berhasil Digiring ke Tengah Laut

Paus yang Terdampar di Perairan Situbondo Akhirnya Berhasil Digiring ke Tengah Laut

TerasJatim.com, Situbondo – Upaya menyelamatkan paus berukuran besar yang terdampar di pesisir pantai Jangkar, Kabupaten Situbondo Jatim, akhirnya berhasil.

Paus berjenis Sperma sepanjang sepanjang 20 meter dengan berat sekitar 10 ton itu, berhasil dievakuasi dengan cara digiring ke tengah laut sejauh 3,5 mil dari pantai oleh petugas gabungan dan sejumlah nelayan, Sabtu (03/03) dinihari.

“Proses evakuasi dilakukan mulai Jumat (02/03) pukul 21.30 WIB hingga dini hari tadi sekitar pukul 00.30 WIB,” kata Yuliono, salah seorang petugas Pangkalan Pengawasan Sumberdaya Kelautan (PSDKP) Benoa Bali, Sabtu (03/03).

Ia menjelaskan, proses evakuasi sengaja dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri dari BKSDA, PSDKP, Keamanan Laut, Polsek dan Satpol Air serta relawan pada malam hari.

Lantaran jika pada siang hari,  proses evakuasi akan terganggu dengan banyaknya warga yang ingin melihat ikan raksasa tersebut dari dekat dengan menggunakan perahu.

“Kita juga dibantu menggunakan lima buah perahu nelayan dan tiga buah ‘jet sky’ untuk menggiring paus ke tengah laut, karena beberapa kali digiring paus tersebut seakan enggan kembali ke tengah laut,” terangnya.

Pantauan di lapangan, proses evakuasi berlangsung alot, namun berbekal kekompakan petugas, akhirnya ikan raksasa itu berhasil digiring ke tengah dan kembali ke habitatnya. (Luk/Kta/Red/TJ/KBRN)

Baca: http://www.terasjatim.com/paus-sepanjang-20-meter-terdampar-di-perairan-situbondo/

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim