Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Paus Sepanjang 20 Meter Terdampar di Perairan Situbondo

Paus Sepanjang 20 Meter Terdampar di Perairan Situbondo

TerasJatim.com, Situbondo – Warga di sekitar pesisir Desa Jangkar Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo Jatim, dihebohkan adanya seekor ikan paus yang terdampar di perairan tersebut, Jumat (02/03) pagi.

Paus dengan panjang 20 meter tersebut terdampar di tepi pantai sekitar 200 meter dari daratan yang berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jangkar.

Busri, seorang warga pesisir mengatakan, mengetahui ada ikan paus terdampar, sejumlah warga kemudian mendekatinya dengan menggunakan perahu untuk memastikan kondisi paus.

“Setelah warga melihat dari jarak dekat , ikan paus ini tampak masih bernafas,” jelasnya kepada TerasJatim.com, di lokasi terdamparnya paus, Jumat 902/03).

Selanjutnya, warga menghubungi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpolair Polres Situbondo untuk melakukan evakuasi.

Tak berselang lama, sejumlah petugas BPBD, anggota satpolair dan dibantu warga melakukan upaya untuk bersama-sama membawa ikan paus ke tengah laut dengan harapan agar tetap hidup.

“Bersama dengan nelayan, kami membawa ikan paus tersebut ke tengah laut. Kami juga dibantu oleh anggota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Situbondo,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorwan.

Namun upaya untuk membawa ikan yang diperkirakan mencapai 10 ton lebih itu gagal. Hingga tengah hari saat kondisi air laut kembali pasang, paus nahas itu tetap tak beranjak. (Edo/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim