Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pasca Terciduk OTT, Bupati Lira Bondowoso Jadi Tersangka

Pasca Terciduk OTT, Bupati Lira Bondowoso Jadi Tersangka

TerasJatim.com, Bondowoso – Kasus operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Tim Saber Pungli Kabupaten Bondowoso terhadap Ahroji (47), ketua LSM Lira Bondowoso, terus berlanjut.

Kapolres Bondowoso AKBP Febriansyah menjelaskan, saat ini Ahroji, pria yang juga disebut sebagai Bupati Lira Bondowoso itu sudah ditetapkan menjadi tersangka, dan dikenakan Pasal 368 dan 378 KUHP.

Febriansyah menuturkan, operasi senyap ini berawal dari informasi dari salah seorang kepala desa yang merasa resah dan selama ini diancam serta ditakut-takuti oleh tersangka.

“Modus tersangka ini dengan ikut memantau aliran dana desa (DD) dan mengecek sekaligus meminta uang preman atau uang keamanan,” jelasnya, saat menggelar konpers di halaman Mapolres Bondowoso, Senin (26/11).

Ia menambahkan, lantaran ketakutan dengan ancaman tersangka, pelapor kemudian membawa sejumlah uang sekitar Rp40 juta untuk diberikan kepada tersangka.

Febriansyah menerangkan, dari OTT tersebut, pihaknya telah mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp40 juta, dua buah ID card, satu KTP, dua buah HP, serta 1 unit mobil Grand Livina warna silver.

“Saat melakukan aksinnya, tersangka ini melakukannya sendirian,” pungkas Febriansyah, yang didampingi Kepala Kejaksaan Negeri Bondowoao Taufik H.

Sebelumnya, Tim Satgas Saber Pungli Bondowoso berhasil meringkus Ahroji (47), ketua LSM Lira Bondowoso pada Jumat (23/11) sore kemarin. Ia dibekuk atas dugaan melakukan pemerasan terhadap sejumlah kepala desa di Bondowoso.

Dari OTT tersebut, tim yang terdiri dari Polres Bondowoso, Kejaksaan dan Inspektorat Kabupaten Bondowoso ini berhasil mengamankan uang puluhan juta rupiah, dan sejumlah barang bukti.

Informasi yang dihimpun, dalam menjalankan aksinya, Ahroji kerap membawa nama aparat penegak hukum untuk menjebak para korbannya, terutama para kepala desa. (Luk/Kta/Red/TJ)

Baca juga: http://www.terasjatim.com/bupati-lira-bondowoso-terjaring-ott-saber-pungli/

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim