Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pasca Longsor, Akses Munjungan-Kampak Trenggalek Lumpuh Total

Pasca Longsor, Akses Munjungan-Kampak Trenggalek Lumpuh Total

TerasJatim.com, Trenggalek – Pasca hujan deras mengakibatkan salah satu akses utama di Kabupaten Trenggalek Jatim mengalami longsor. Longsor terjadi di jalur perbatasan Munjungan dan Kampak menuju Trenggalek, tepatnya di Dukuh Jedeg Dusun Suwaru Desa Ngadimulyo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Akibatnya, jalur tersebut lumpuh total sejak Minggu (21/01) dinihari.

Dandim Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto didampingi jajaran Muspika dan BPBD setempat melihat langsung akses jalan utama yang berada di Desa Ngadimulyo pasca tertimbun material longsor setinggi 5 meter, lebar 5 meter dan panjang 200 meter.

“Hingga Minggu (21/01) siang, kami belum berani melakukan evakuasi material karena kondisi tanah perbukitan di sekitar lokasi longsor dinilai masih labil. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini. Juga tidak ada material yang mengenai rumah warga. Lokasi longsor cukup jauh dari permukiman penduduk,” jelas Dandim Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto, di lokasi bencana, Minggu (21/01) sore.

Di tempat yang sama, Danramil 0806/05 Kampak Kapten Inf Sutrisno Atim menuturkan, longsor terjadi bersamaan turun hujan. Apalagi setiap hari hujan terus mengguyur wilayah Kecamatan Kampak.

“Kondisi cuaca ini berlangsung sudah berlangsung beberapa hari. Saat kami meninjau lokasi, juga turun gerimis dan kabut,” terangnya.

Pantauan di sekitar lokasi longsor, petugas sudah melakukan pemasangan rambu petunjuk dan peringatan untuk pengguna jalan.

“Sudah dilakukan dan jalan tertutup total bagi pengendara roda empat dan dua. Ada beberapa ruas jalan alternatif yang bisa digunakan untuk ke Trenggalek maupun ke Pacitan. Namun, kondisi jalan kurang bagus, jarak tempuhnya terlalu jauh,” imbuhnya.

Di setiap musim penghujan, lokasi tersebut nyaris menjadi langganan bencana alam (longsor).

Demi keselamatan, pihak Kodim Trenggalek mengimbau kepada warga untuk mematuhi rambu-rambu yang sudah dipasang petugas. (Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim