Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pasca Gempa Situbondo, 246 Rumah di Pulau Sapudi Madura Rusak

Pasca Gempa Situbondo, 246 Rumah di Pulau Sapudi Madura Rusak

TerasJatim.com, Sumenep -Pasca gempa di timur laut Situbondo yang terjadi pada Kamis (11/10) dinihari kemarin, Gubernur Jatim Soekarwo menyebutkan, terdapat 246 rumah di Pulau Sapudi Sumenep Madura yang rusak.

Rinciannya 210 rumah rusak di Kecamatan Gayam, sisanya 36 rumah rusak di Kecamatan Nung Gunung.

Pakde Karwo, sebutan akrab Soekarwo memastikan, pemerintah akan menjamin pembangunan kembali terhadap ratusan rumah yang rusak akibat gempa tersebut.

“Masyarakat diberikan keyakinan bahwa semua yang menjadi kerusakan rumah yang jumlahnya 246 yaitu 210 di Gayam, dan Nung Guung itu 36. Artinya kita bersama-sama (pemerintah) memberikan jaminan kepada mereka,” katanya, ditemani Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman.

Pakde Karwo merinci, ada 30 rumah yang mengalami kerusakan berat, 80 rumah rusak sedang, dan 128 rumah yang rusak ringan.

Selain itu, Pakde Karwo menegaskan, pihak pemerintah juga bertanggung jawab untuk merawat korban luka. Untuk korban meninggal dunia, pihaknya telah menyiapkan santunan.

“Yang kedua tentang yang sakit, dari tanggung jawab pemerintah kita juga akan menjamin dan yang meninggal diberikan santunan. Pak kapolda tadi sudah memberikan santunan, yang dari kita masih dalam perjalanan,” paparnya.

Sementara di tempat yang sama, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menambahkan, dalam membantu korban gempa, khususnya di Pulau Sapudi, pihaknya telah mengerahkan personelnya dari Brimob dan sisanya dari Sabhara.

“Pasukan untuk awal ini bertugas membantu warga dan mengamankan lokasi rumah warga pasca gempa,” jelasnya.

Tak berbeda jauh, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman menuturkan, pihaknya juga telah mengirimkan bantuan ke Pulau Sapudi yang dikoordinasikan oleh Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya.

Selain itu, untuk merehabilitasi rumah warga yang terdampak, pihaknya telah mengirimkan bantuan pasukan dari Satuan Zeni.

“Untuk rehab rumah, kami siapkan pasukan Zeni dan biaya sepenuhnya ditanggung Pemprov Jatim,” jelasnya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim