Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pameran Alutsista TNI di Koarmada II Surabaya

Pameran Alutsista TNI di Koarmada II Surabaya

TerasJatim.com, Surabaya – Memperingati Hari Ulang Tahun HUT TNI ke-73, tiga matra TNI dari Koarmada II bersama dengan Kodam V Brawijaya dan Lanud Muljono menggelar pameran alutsista (alat utama sistem persenjataan).

Pameran ini digelar selama 2 hari, mulai Sabtu (06/10) hingga Minggu (07/10) di Dermaga Madura Koarmada II Surabaya. Pada hari pertama, tampak ribuan warga Kota Surabaya dan sekitarnya hadir dan menyaksikan acara ini.

Pangkoarmada II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono bersama Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman dan Danlanud Kolonel Pnb Budi Ramelan, secara resmi membuka pameran alutsista TNI.

Tampak hadir pula Komandan Lantamal V, Laksma TNI Edwin dan Komandan Pasmar 2, Brigjen TNI Endi Supardi.

Pangkoarmada II menyampaikan, pameran alutsista dalam rangka menyambut HUT ke-73 TNI tahun 2018 ini, merupakan momentum penting bagi TNI untuk menunjukkan peningkatan kemampuan dan modernisasi alutsista serta merupakan bentuk pertanggungjawaban TNI atas kepercayaan dan tugas yang diberikan negara dan rakyat.

Hal ini, menurutnya, akan menjadi tolok ukur keberhasilan pembangungan kekuatan alutsista TNI. Di mana tugas TNI menjaga kedaulatan NKRI serta menjaga keseimbangan kekuatan di kawasan dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman TNI sebagai pelaksana dan penjaga kedaulatan NKRI.

“Kami memiliki tanggung jawab untuk membina dan menyiapkan alutsista beserta prajurit pengawaknya secara optimal, sehingga terwujud TNI yang kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat,” ujarnya.

Dengan pameran alutsista TNI ini, lanjut dia, hal ini menunjukkan keinginan yang kuat atas penghayatan dan penghargaan terhadap nilal- nilai keterbukaan atau transparansi sebagai konsekuensi dari kepercayaan yang diberikan oleh negara dan rakyat Indonesia kepada TNI.

“Semua anggaran TNI berasal dari uang rakyat. Jadi pameran alutsista ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat. Dalam mewujudkan kekuatan TNI yang kuat, hebat dan profesional tidak akan tercapai tanpa dukungan dari rakyat,” tuturnya.

Selain sebagai momentum bagi TNI untuk menunjukkan peningkatan kemampuan dan modernisasi alutsista, kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kecanggihan alutsista yang dimiliki oleh TNI sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat.

Sehingga terwujudnya semangat patriotisme dan nasionalisme masyarakat terhadap TNI yang kuat, handal, disegani dan di cintai rakyat, serta siap menjawab kepercayaan dan tugas yang diberikan negara dan rakyat dalam menjaga NKRI.

Pada acara ini, juga ditampilkan demonstrasi beladiri Yoongmodo, Karate dan Taekwondo, demo terjun payung, hiburan band, fun run 5K, fun bike, hiburan atraksi komunitas, fun ride, demo pesawat udara bonanza “neptune harmony flight” Puspenerbal dan pembagian doorprize.

 

Dalam pameran ini, masyarakat bisa selfi bersama prajurit dan alutsista TNI yang ditampilkan mulai dari kapal layar latih legendaris TNI Angkatan Laut yaitu KRI Dewaruci, kapal perang kelas SIGMA yang pernah bertugas dalam misi perdamaian dunia di Lebanon, KRI Frans Kaisiepo-368 dan KRI Diponegoro-365, KAL Bawean yang dapat digunakan joysailing di sekitar perairan Surabaya, dan kapal selam terbaru KRI Ardadedali-404.

Adapula Heli Colibri EC 120B Puspenerbal, Ranpur Marinir, Torpedo, Pasusla seperti Kopaska dan Taifib, BMP-3F, Aligator, MLRS Vampire, Monobs, Radar Hughes, Acmad Rupanpur.

Pameran alutsista dari TNI AD menampilkan MBT Leopard, MLRS Astros, Tank Scorpion, Tank Stromer, Tank Transporter, Panser Anoa 6 x 6 APC, Panser Intai 4 x 4, Rudal MMS, 1 Rudal LML. TNI AU sendiri menampilkan Miniatur Pesawat Udara, Korpaskhas dan Olah raga Dirgantara.

Stand yang berjajar rapi di Dermaga Madura Koarmada II diisi oleh Stand profil Satran, Satsel, Satkor, Satfib, Satkat, Satban, Satkopaska, Marinir, STTAL dan Mobil Hyperbaric baik dari TNI AL dan Kemhan.

Sedangkan stand yang berada di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmada II diramaikan oleh Stand Puspenerbal, Dispsial, RSAL dr.Ramelan, Kodiklatal,Yontaifib 2 Mar, Satlinlamil, Dissenlekal Arsenal, Dislambair, AAL, Yonif raider 500/Sikatan, TNI AU (Lanud Muljono dan Paskhas). (Jnr/Dik/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim