Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

ORI Difteri di Jatim Capai 97 Persen

ORI Difteri di Jatim Capai 97 Persen

TerasJatim.com, Surabaya – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jatim menyebutkan, pelaksanaan Outbreak Response Immunization (ORI) Difteri sudah mencapai 97 persen.

Selanjutnya, Dinkes Jatim akan kembali melaksanakan ORI Difteri putaran ketiga pada November 2018 mendatang. Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Jatim, Kohar Hari Santoso, Senin (17/09).

“Kita akan teruskan hingga tuntas pada putaran ketiga di bulan November. Ketersediaan vaksin juga sudah disiapkan dengan baik,” ujarnya.

Kohar menjelaskan, pihaknya optimistis ORI Difteri di Jatim bisa mencapai 100 persen. Dinkes Jatim, sambungnya, akan melibatkan ribuan tenaga kesehatan terdiri dari perawat, bidan, dokter, kader dan guru UKS di Pos Sekolah.

Kohar berharap, semua pihak perlu bekerjasama untuk menyukseskan ORI Difteri terutama para orang tua harus proaktif mencari informasi imunisasi di sekolah dan Puskesmas terdekat.

“Jika sudah mengikuti ORI Difteri maka ketahanan tubuh anak semakin baik,” tandasnya.

Seperti diketahui, ORI adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya memutuskan transmisi penularan penyakit difteri pada anak usia 1 tahun sampai dengan 19 tahun, yang tinggal di daerah KLB tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

ORI akan dilaksanakan sebanyak tiga putaran, dengan interval 0-1-6 bulan. ORI akan memberikan vaksin dengan ketentuan DPT-HB-Hib bagi usia 1 tahun sampai 5 thn, DT usia 5 tahun sampai 7 tahun, serta TD usia 7 tahun sampai 19 tahun. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim