Nonton Film Horor, Ternyata Bisa Bakar Kalori Lebih Banyak

Nonton Film Horor, Ternyata Bisa Bakar Kalori Lebih Banyak

TerasJatim.com, Surabaya – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa nonton film horor ternyata dapat membuat kalori dalam tubuh lebih cepat terbakar. Makin sering nonton, makin banyak kalori yang terbakar sehingga membantu melangsingkan tubuh.

Penelitian oleh ilmuwan Universitas West Minster ini mencatat, bahwa film-film yang membuat adrenalin penontonnya terpacu, dapat membakar sampai 113 kalori selama waktu pemutaran film kira-kira 90 menit.

Dilansir Sidomi dari laman Telegraph, 113 kalori ini hampir sama dengan jumlah kalori yang terbakar jika Anda berjalan kaki selama satu jam.

Beberapa film yang disarankan oleh penelitian tersebut antara lain The Shining, yakni film genre thriller psikologis yang rilis tahun 1980 lalu. Film ini disebut paling banyak membakar kalori penontonnya hingga 184 kalori.

Lalu film Jaws yang berkisah tentang serangan ikan hiu, mampu menghabiskan kalori sebanyak 161. Ini jumlah yang jauh lebih banyak dibanding jalan kaki selama satu jam.

Kemudian ada film The Exorcist yang dicatat mampu membakar 158 kalori di tubuh.

Ilmuwan menggunakan 10 orang relawan yang harus menyaksikan beberapa film horor, kemudian jumlah kalori sebelum dan sesudah menonton akan diukur.

Saat nonton, relawan ini akan diukur denyut jantung serta laju pertukaran udara yang masuk ke paru paru mereka saat bernapas. Dari data-data yang tercatat selanjutnya peneliti akan menganalisisnya.

Dr Richard Mackenzie yang menjadi salah satu peneliti sekaligus pakar metabolisme sel dari Universitas West Minster berkata bahwa terjadi peningkatan denyut jantung saat seseorang menonton film horor.

Ini menandakan terjadinya metabolisme dan pembakaran kalori dalam tubuh yang makin meningkat. Stres yang intens dirasakan saat nonton film horor juga otomatis akan melepas adrenalin.

Banyaknya adrenalin dalam tubuh umumnya memberi efek menurunnya nafsu makan, sehingga tubuh bisa makin langsing. (Sis/Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim