Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Natal dan Tahun Baru, Tol Pandaan – Malang Difungsikan Sementara

Natal dan Tahun Baru, Tol Pandaan – Malang Difungsikan Sementara

TerasJatim.com, Surabaya – Untuk mengantisapasi kemacetan lalu lintas pada Natal 2018 dan tahun Baru 2019. Dinas PU Bina Marga Jatim bersama pihak Jasa Marga akan membuka jalur Tol Pandaan-Malang untuk difungsikan secara sementara..

Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi mengatakan, untuk Tol Pandaan – Malang seksi 1, 2 dan 3 sebenarnya target peresmian baru pada Januari 2019. Akan tetapi, untuk proses pengerjaannya sengaja dipercepat agar bisa selesai dan diresmikan bersamaan pada bulan Desember ini.

Namun jika tidak memungkinkan selesai pada bulan Desember ini, pihak PU Bina Marga Jatim sudah melakukan pertemuan dengan Direktur Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Pandaan – Malang. Hasilnya pada 21 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019 Tol sepanjang 30,63 km tersebut akan dibuka sementara.

Dibukanya tol sementara ini menurut Gatot untuk mencegah kemacetan pada musim libur Natal dan Tahun Baru. Pasalnya, saat ini untuk weekend saja volume kendaraan yang menuju ke Malang sangat meningkat  “Apalagi libur panjang, sehingga kalau tol ini bisa digunakan minimal bisa mengurai kemacetan. Selain itu juga mempercepat arus distribusi barang dan jasa,” katanya, Senin (03/12).

Ia menambahkan, ada lima tol yang targetnya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada minggu ke 4 Desember ini. Pertama Ngawi – Kertosono sepanjang 38,75 km, Kertosono – Mojokerto seksi 4 dengan panjang 0,90 km, ketiga Tol Porong – Gempol sepanjang 6,34 km. Selanjutnya yang keempat Gempol – Pasuruan Seksi 3 sepanjang 13,65 km dan yang kelima Pasuruan – Probolinggo seksi 1 hingga 3.

Sementara, Kepala BBPJN VIII, I Ketut Dharmawahana mengatakan pemerintah melalui PU terus melakukan percepatan perbaikan jalan dan pembangunan jalan baru yaitu tol. Hal dimaksudkan agar pertumbuhan ekonomi lebih cepat dan mudah dijangkau dengan adanya tol tersebut. “Kami targetkan untuk tol Pandaan – Malang akan berfungsi sementara saat Natal dan Tahun Baru 2019,” ujarnya. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim