Mulai Hari Ini, Pemerintah Kembali Buka Penerimaan CPNS di Kementrian dan Lembaga

Mulai Hari Ini, Pemerintah Kembali Buka Penerimaan CPNS di Kementrian dan Lembaga

TerasJatim.com – Setelah sebelumnya membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) dan Mahkamah Agung (MA), pemerintah kembali membuka lowongan sebanyak 17.928 formasi CPNS pada 60 Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara pada tahun 2017 ini.

Informasi lowongan ini dapat dilihat di website menpan.go.id, sscn.bkn.go.id, atau akun media sosial utama BKN yaitu facebook.com/bkngoid dan twitter.com/bkngoid.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Moh. Ridwan menyampaikan, pendaftaran online penerimaan CPNS pada 60 K/L ini dibuka mulai 5 September 2017, pukul 23.00 melalui sscn.bkn.go.id.

Bagi pelamar CPNS Kemenkum HAM dan MA yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi, lanjut Ridwan, diberikan peluang untuk kembali melamar CPNS di 60 K/L tersebut dengan catatan hanya dapat memilih satu instansi dan satu formasi.

“Pelamar yang sebelumnya sudah melamar pada seleksi Kemenkum HAM dan MA tidak perlu lagi membuat akun saat akan melamar ke 60 K/L ini,” kata Ridwan dalam siaran persnya Selasa (05/09) malam.

Ia menjelaskan, pelamar tinggal login pada web sscn.bkn.go.id dengan memasukkan NIK dan password yang digunakan pada pelamaran waktu di Kemenkumham dan Mahkamah Agung.

Menurut Ridwan, penerimaan CPNS ini dibuka dalam rangka akselerasi pencapaian Program Nawacita. “Seleksi masuk birokrasi ini akan menjaring generasi terbaik bangsa guna mendukung terwujudnya pelaksanaan kerja pemerintah yang efektif dan berkualitas,” pungkasnya.

Kementrian yang membuka lowongan tersebut adalah, Kementerian Keuangan, Kementerian ESDM, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, Kementerian PUPR, Kementerian Pariwisata, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementerian LHK, Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Sosial, Kementerian Riset, Teknologi, dan PT, Kementerian PPN/BAPPENAS,Kementerian PANRB,Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman,Kementerian Agama,Kementerian Perdagangan,Kementerian Pemuda dan Olah Raga,Kementerian Bidang Polhukam,Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian,Kementerian BUMN,Kementerian KUKM dan Kementerian Pertahanan.

Sedang untuk Lembaga, masing-masing diantaranya, Kejaksaan Agung, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN),Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI),Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Pengawasan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Komisi Yudisial (KY), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Badan SAR Nasional, Badan Pemeriksa Keuangan (BPKP), Badan Keamanan Laut (BAKAMLA), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Lembaga Penerbagan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Ekonomi Kreatif, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Intelijen Nasional (BIN), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Setjen DPR, Badan Informasi Geospasial (BIG), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Mahkamah Kontitusi (MK), Kepolisian Republik Indonesia, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) dan Lembaga Sandi Negara (LEMSANEG).

Sementara untuk Provinsi, kali ini hanya Provinsi Kalimantan Utara yang membuka lowongan untuk mengisi 500 formasi yang dibutuhkan. (Her/Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim