Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mulai Hari Ini, Formasi CPNS Kemenag Bisa Diakses di SSCN

Mulai Hari Ini, Formasi CPNS Kemenag Bisa Diakses di SSCN

TerasJatim.com – Formasi CPNS Kementerian Agama (Kemenag) dipastikan sudah bisa diakses di Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN, mulai hari ini Jumat (28/09).

Kepastian ini disampaikan Plt Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan, merespon pertanyaan pelamar yang beberapa waktu lalu mengaku belum bisa mengakses formasi CPNS Kementerian Agama (Kemenag).

Menurutnya , Kemenag membuka 17.175 formasi CPNS. Jumlah ini adalah yang terbanyak di antara kementerian dan lembaga negara lainnya.

Rincian formasi itu sudah diumumkan Kemenag sejak 25 September 2018 dan dilakukan proses input. Hanya saja, sebelum akses SSCN-nya dibuka, masih harus dilakukan proses verifikasi dan validasi bersama BKN.

“Besok (hari ini), Insya Allah sudah bisa diakses. Silahkan calon pendaftar mempelajari dulu rincian yang sudah diumumkan Kemenag sebagai panduan dalam memilih formasi,” jelasnya dalam rilisnya yang diterima TerasJatim.com, Kamis (28/09) sore.

Menurutnya, tim Kemenag terus berkoordinasi dengan BKN untuk validasi dan verifikasi.

Ia menjelaskan, masa pendaftaran online CPNS dihitung sejak rincian formasi bisa diakses pada SSCN BKN. Sebab, Peraturan Pemerintah tentang seleksi CPNS hanya mengatur masa pendaftaran online selama 15 hari kalender.

“Jika formasi Kemenag bisa diakses pada SSCN BKN sejak 28 September, maka masa pendaftaran akan berlangsung hingga 15 hari ke depannya, sampai 12 Oktober,” jelasnya.

Jadi, pada prinsipnya kesempatan para pelamar untuk mendaftar tidak berkurang, dan tetap 15 hari kalender.

Melalui proses verifikasi dan validasi yang cermat dan ketat sejak awal, diharapkan hal itu akan memudahkan proses selanjutnya dalam penerimaan CPNS Kemenag yang lebih transparan dan akuntabel.

Sebelumnya, Kabiro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan, belum semua instansi bisa dijadikan pilihan pelamar CPNS. Sampai Rabu (25/09), dari total 76 K/L dan 525 Pemda yang membuka lowongan, baru 30% yang tersedia di portal sscn.bkn.go.id.

“Sesuai data back office SSCN, instansi yang sudah go live, bisa dipilih teman teman pada 12.40 WIB ada 224 instansi, terdiri 185 Pemda, 39 K/L, totalnya 224. Kalau kita bagi 601 itu 30% dari semua instansi yang membuka lowongan tahun ini,” katanya.

Menurut Ridwan, tidak ada kewajiban bagi instansi untuk menyerahkan formasi lowongan CPNS maksimal tanggal 26 September. Kata dia, ada tenggat waktu hingga 10 Oktober.

“Kapan selesainya diserahkan ke masing masing instansi. Time frame secepat-cepatnya 26 September, selambat-selambatnya 10 Oktober 2018,” pungkasnya. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim