Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mitos Internet

Mitos Internet
ilustrasi mitos internet

TerasJatim.com, Surabaya – Menurut teori, mitos merupakan penutur cerita yang dilebih-lebihkan  dan secara terus-menerus diceritakan sampai akhirnya figur dalam mitos tersebut  memperoleh status setara dengan kehebatan yang diceritakan. Selama ini, banyak kita dengar mitos yang berkembang di lingkungan kita, dan sering  menceritakan tentang sisi dunia lain, yang kadang bersifat misteri dan horor.

Namun ternyata “mitos” tidak hanya menyasar pada kondisi di jaman dahulu kala saja, tapi dalam dunia teknologi internet juga banyak terjadi sebuah “mitos”.

Internet memiliki ribuan mitos sepanjang perjalanannya. Berikut ini 5 mitos unik tentang internet yang sempat diamini kebenarannya yang dikutip dari HowStuffWorks. 

5. Ditemukan Al Gore

Ini merupakan mitos dalam mitos. Selain menemukan internet, Al Gore meng-klaim menemukan ‘apa saja’.

Bulan Maret 1999, CNN mewancarainya dalam sebuah sesi untuk Kampanye Presiden AS Dan kala itu Al Gore mengatakan,  “Selama pelayanan di Kongres Amerika Serikat, saya mengambil inisiatif dalam menciptakan internet serta mengambil inisiatif pula dalam memajukan berbagai inisiatif,” ujarnya.

4. ISP melacak Anda

Penyedia layanan internet (ISP) menyediakan layanan yang Anda butuhkan dalam akses internet. Jika memang situasi genting, memang itu bisa dilakukan. Sepertihalnya yang dilakukan olehHomeland Security. Namun sesungguhnya hal itu tidak terjadi.

3. Internet dipenuhi dengan predator seks

Orang tua memang ingin anaknya aman dimana saja. Namun sifat paranoid muncul ketika men-judgeinternet adalah sarang predator seks. Tidak benar pendapat demikian. Internet miliki banyak manfaat dibanding mudaratnya.

2. Semua yang dibaca adalah benar

Anggapan ini tidak benar namun juga tidak salah. Banyak media terpercaya yang beredar di internet. Namun tak jarang muncul informasi abal-abal atau yang dikenal dengan istilah hoax. Satu hal yang wajib dilakukan adalah kroscek lintas media.

1. Internet buat Anda kaya

Ini masih terkait dengan poin sebelumnya. Tak sepenuhnya benar dan tak sepenuhnya salah. Banyak orang yang membuktikan berhasil dan sukses lewat internet. Namun ada orang-orang tertentu yang memanfatkan keluguan netizen demi menjaring pundi-pundi kantongnya. Jangan cepat terbujuk rayu muslihat akan iming-iming menggiurkan. (diolah dari : wayang, Kta/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim