Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Menyusuri Keindahan Sungai Cokel Watukarung di Pacitan

Menyusuri Keindahan Sungai Cokel Watukarung di Pacitan

TerasJatim.com, Pacitan,–Meski berjuluk kota 1001 Goa, Kabupaten Pacitan yang terletak di ujung selatan provinsi Jatim dan berbatasan langsung dengan Jateng ini, juga memiliki objek wisata alam lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya destinasi wisata kali (sungai) Cokel. Objek wisata ini terletak di Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan, yang dari pusat kota hanya berjarak sekitar 23-25 kilometer ke arah barat melalui jalur Bus Pacitan-Solo.

Untuk menyusuri Kali Cokel ini, pihak pengelola setempat telah menyediakan sampan (perahu kecil bermesin), dan pengunjung hanya cukup membayar Rp20 ribu untuk biaya sewa perahu dalam sekali perjalanan, dengan jarak tempuh sekitar 2 kilometer.

Pohon kelapa yang condong ke arah sungai berada di sisi kanan-kiri aliran sungai serta tumbuhan liar, menghiasi hampir seluruh perjalanan. Air yang cukup tenang dan jernih berwarna hijau daun, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung saat menyusuri Sungai Cokel.

Bukan hanya itu saja, setelah pengunjung sampai di muara atau pertemuan antara sungai dan pantai, mata akan dimanjakan dengan perairan laut selatan dengan beberapa gugusan pulau kecil maupun batu karang yang berada di laut.

Bahkan, ketika menyusuri sungai itu, pemilik perahu bukan hanya sekedar mengantarkan maupun memandu perjalanan saja, akan tetapi juga setia menunggu ketika pengunjung hendak ber-swafoto maupun saat ingin mandi di sungai tersebut.

“Kali Cokel ini biasanya ramai pengunjung pada Sabtu-Minggu dan hari libur nasional. Kalau hari-hari biasa sepi, tapi pengunjung juga ada,” kata Suryono, pengelola objek wisata setempat saat ditemui TerasJatim.com, Minggu (10/03/19) pagi.

Yono sapaan akrabnya, mengatakan, penumpang pada perahu tersebut sebenarnya bisa diisi lebih dari 6 orang. Akan tetapi untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang, maka perlu dibatasi maksimal 6 orang.

“Saat ini, sudah ada sekitar 36 perahu lebih yang standby dan terdaftar di kelompok Tirta Mukti (nama kelompok pengelola). Dan untuk perahu bisa diisi enam orang,” terangnya.

Untuk diketahui, Sungai Cokel merupakan wahana wisata susur sungai menggunakan perahu. Objek wisata ini juga masih satu kompleks dengan kawasan wisata Pantai Kasap dan Pantai Watukarung yang ada di Desa Watukarung.

Bahkan, untuk retribusi masuknya juga satu paket, yakni bagi anak-anak Rp3.000 dan untuk dewasa Rp5.000.

Anda tertarik berkunjung ke Kali Cokel Pacitan dan objek wisata di kawasan tersebut ? Tapi perlu diingat, patuhi peraturan yang ada di kawasan tersebut dan selalu menjaga kebersihan, agar alam selalu menyuguhkan keindahannya.

Selamat berakhir pekan. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim