Menpora Imam Nahrawi: KLB PSSI Mutlak Rekomendasi dari FIFA

Menpora Imam Nahrawi: KLB PSSI Mutlak Rekomendasi dari FIFA

TerasJatim.com, Jakarta – Kemenpora menegaskan akan segera mencabut sanksi adminsitratif terhadap PSSI dalam waktu dekat. Namun, keputusan itu hanya akan diambil jika anggota federasi menyepakati tersenggalaranya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyebutkan, keputusan untuk mencabut sanksi PSSI ini juga termaktub dalam surat rekomendasi FIFA yang dikirimkan kepada Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Menpora melanjutkan, penyelenggaraan KLB menjadi syarat mutlak yang harus dilaksanakan sesuai dengan surat rekomendasi dari FIFA selaku otoritas sepak bola dunia.

“Surat rekomedasi dari FIFA ini sudah kami terima. Ini akan menjadi momentum untuk melihat apakah PSSI mau tunduk terhadap FIFA atau tidak,” kata Imam, seperti dilansir CNN Indonesia, Kamis (28/04).

Kemenpora selaku kepanjangan tangan pemerintah telah menyiapkan tahapan lanjutan strategis dari reformasi tata kelola sepak bola nasional.

“Tahapan lanjutan itu akan ditempuh dengan dua cara, yakni memastikan digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang reformatif dan penyempurnaan regulasi pemerintah,” tutur Imam.

Empat Poin KLB

Untuk memastikan tersenggalaranya KLB, Kemenpora sudah menyiapkan akan mendorong PSSI segera menggelar KLB dengan menekankan empat hal.

Pertama, mengubah status hukum dari bentuk perkumpulan saat ini menjadi perusahaan seperti keberhasilan federasi sepak bola di Australia.

Kedua, dimasukkannya pasal kepemilikan saham bagi komunitas suporter dalam klub. Kemudian memasukkan perubahan nama federasi tapi dengan mempertimbangkan aspek kesejarahan PSSI.

“Yang terakhir, memilih personalia yang memiliki visi reformasi total,” ujar Imam.

Pernyataan Menpora soal rekomendasi FIFA terkait gelaran KLB, berbeda dengan pernyataan Ketua Komite Ad-hoc Reformasi PSSI, Agum Gumelar. Ia justru menyebut bahwa FIFA memperingatkan pemerintah melalui surat yang dikirim ke Mensesneg.

Agum juga menyebutkan penjelasan FIFA bahwa gelaran KLB merupakan ranah para anggota PSSI dan harus sesuai dengan Statuta PSSI.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Kehormatan PSSI ini pun tidak menyebutkan KLB direkomendasikan FIFA seperti pernyataan Menpora. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim