Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Menahan Pipis Alasan Perjalanan, Ini Efek Buruknya

Menahan Pipis Alasan Perjalanan, Ini Efek Buruknya

TerasJatim.com – Saat mudik, di perjalanan sering mengundang masalah lain yang kadang diremehkan, yakni menahan pipis. Hal ini lantaran terkena kemacetan di jalan atau karena kondisi toilet yang tidak memungkinkan saat dalam perjalanan.

Mulai sekarang hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan, sebab dapat mengundang masalah kesehatan yang serius.

Berikut, bahayanya jika Anda kerap menahan kencing dalam perjalanan mudik, seperti dilansir Sidomi dari laman Medical News Today, Jumat (08/06):

Nyeri pada kandung kemih dan ginjal

Menahan pipis akan menimbulkan rasa nyeri pada kandung kemih. Hal itu disebabkan oleh otot di saluran kemih yang menegang dan mengepal. Otot itu, walau Anda sudah pipis setelah lama menahan, akan tetap menegang selama beberapa waktu dan bisa juga memicu kram.

Infeksi saluran kemih

Terjadi infeksi di saluran kemih (ISK) disebabkan oleh bakteri di dalam urine yang lama terkumpul di dalam saluran kemih. Sebetulnya bakteri itu harus dikeluarkan secara rutin seeiring Anda pipis, namun jika Anda lama menahan pipis maka bakteeri mudah menginfeksi organ tersebut.

Batu ginjal

Hal ini paling parah, jika terlalu sering menahan pipis maka dapat memicu munculnya batu ginjal. Mengapa? Sebab dalam urine terdapat uric acid dan kalsium oksalat. Kedua zat ini jika mengendap lama maka akan mengkristal dan menjadi batu.

Lebih baik mencegah dari pada meengobati bukan? Jangan sering menahan kencing sebab akan membuat kesehatan Anda sendiri yang dirugikan.

Sementara, dilansir dari Times of India, untuk membuat Anda tidak sering kencing maka hindari minum teh, kopi, susu, dan es kelapa jika hendak melakukan perjalanan jauh.

Duduklah dengan posisi yang tidak menekan bagian bawah tubuh, sehingga kandung kemih tidak mengalami tekanan terlalu keras. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim