Masih Muda Sudah Keriput? Mungkin ini Penyebabnya

Masih Muda Sudah Keriput? Mungkin ini Penyebabnya

TerasJatim.com, Surabaya – Setiap orang tentu ingin memiliki kulit yang sehat, kencang dan bersinar. Terlebih bagi mereka yang masih berusia muda.

Tapi apa jadinya jika semua itu sudah rusak dengan timbulnya keriput pada kulit di usia muda?

Faktanya, keriput pada kulit memang dapat muncul secara dini. Hal ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, sehingga merusak lapisan kulit.

Berikut beberapa penyebab munculnya keriput kulit dini yang harus diketahui.

Tidak menggunakan tabir surya

Banyak orang mengabaikan penggunaan tabir surya secara rutin. Padahal dengan menggunakan secara rutin dapat mencegah timbulnya kerutan di usia muda. Hal ini terjadi karena kulit yang terpapar radiasi UV secara langsung akan mengalami kerusakan, sehingga mempercepat proses penuaan kulit dan menimbulkan kerutan.

Merokok

Merokok sudah diketahui sebagai aktivitas yang berdampak buruk pada kesehatan tubuh termasuk bagi kulit. Kebiasaan merokok membuat sel-sel kulit mengalami penuaan lebih cepat. Selain itu mengerucutkan bibir saat merokok juga akan memperburuk kerutan di sekitar mulut.

Polusi udara

Jika Anda berada di kota yang sibuk dan memiliki kualitas udara yang buruk, maka kulit Anda akan sering terkena paparan polusi udara. Paparan polusi udara inilah yang dapat menyebabkan penuaan dini dan menimbulkan kerutan pada kulit khususnya wajah. Untuk itu sebisa mungkin jagalah kulit Anda dari paparan polusi yang ada di lingkungan.

Terlalu sering minum alkohol

Terlalu sering mengonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan terlarang dan terlalu sering ke luar rumah hingga kurang waktu berisitirahat dapat menyebabkan gangguan kesehatan secara menyeluruh dan juga menyebabkan produksi sel-sel kulit jadi buruk, sehingga menyebabkan keriput. Untuk itu mulai sekarang mulailah untuk menjalankan pola hidup sehat. (Tom/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim