Mantan Wabup Ponorogo Akan Jalani Sidang Kasus Korupsi DAK Pendidikan

Mantan Wabup Ponorogo Akan Jalani Sidang Kasus Korupsi DAK Pendidikan
Mantan Wakil Bupati Ponorogo Yuni Widyaningsih

TerasJatim.com, Ponorogo – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo Jawa Timur, telah melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) Pendidikan, yang menyeret mantan Wakil Bupati Ponorogo, Yuni Widyaningsih sebagai tersangka, ke Pengadilan Tipikor Surabaya.

Dilansir dari Madiunpos.com, Kepala Kejari Ponorogo, Suwandi menuturkan, berkas tersangka Ida sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya, Kamis (08/12).

Pelimpahan dilakukan setelah seluruh berkas dan dakwaan mengenai kasus DAK Pendidikan yang merugikan anggaran negara senilai Rp8,1 miliar itu lengkap.

“Sudah kami limpahkan, saat ini kami menunggu jadwal sidang dari Pengadilan Tipikor. Hingga kini jadwal sidang belum ada,” jelas dia.

Mengenai kondisi kejiwaan tersangka Ida, kata Suwandi, tersangka memang menyebutkan saat ini dalam kondisi depresi. Namun, setelah dilakukan pengecekan ulang oleh dokter yang ditunjuk penyidik kejaksaan, ternyata kondisi fisik Ida masih sehat dan bisa mengikuti persidangan.

Suwandi menuturkan dari hasil pemeriksaan dokter yang ditunjuk kejaksaan, memang ada keterangan tersangka Ida dalam kondisi tertekan dan butuh penyesuaian. Tetapi, kondisi tersebut bisa untuk mengikuti proses persidangan.

“Pelimpahan ini kan juga berdasar rekomendasi dari dokter yang ditunjuk kejaksaan. Untuk itu, kami sudah berani melimpahkan berkas itu ke Pengadilan Tipikor Surabaya,” kata dia.

Sementara terkait kasus tersebut, sejumlah warga Ponorogo menyayangkan sikap Kepala Kejaksaan Negeri Ponorogo yang terkesan bermain-main dalam kasus korupsi dana alokasi khusus (DAK) Pendidikan dengan tersangka mantan Wakil Bupati Ponorogo, Yuni Widyaningsih atau Ida ini.

Hal itu diungkapkan sejumlah warga saat menggelar aksi unjuk rasa dalam memperingati Hari Antikorupsi di depan Kejaksaan Negeri Ponorogo, Jumat (09/12) pagi.

Dalam aksi ini, sejumlah warga membawa poster yang berisi tuntutan mereka kepada Kejari Ponorogo untuk segera menangkap Ida dan menyelesaikan kasus tersebut. (Bud/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim