MAN 3 Malang Raih 4 Prestasi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia

MAN 3 Malang Raih 4 Prestasi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia

TerasJatim.com, Malang – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang Jatim unjuk prestasi di tingkat nasional. Tak tanggung-tanggung, mereka berhasil meraih 4 prestasi pada ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Nasional tahun 2017.

OPSI merupakan ajang lomba hasil penelitian tingkat SMA/MA/Sederajat yang rutin diadakan tiap tahun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun ini, OPSI digelar di Malang dari 9 – 14 Oktober kemarin.

Pendaftar OPSI 2017 mencapai 2.000, namun yang masuk hanya 1.297 karya. Setelah proses seleksi, diperoleh 173 siswa SMA/MA dengan 90 karya terbaik untuk ikut dalam tahap berikutnya.  OPSI 2017 melombakan tiga bidang, yakni: Sains dan Teknologi, Matematika dan Rekayasa, serta Sosial dan Humaniora.

“Upaya serta kerja keras anak-anak kini terbayarkan.  Alhamdulilah, dalam satu even ini MAN 3 Malang meraih dua medali dan dua special award,” ungkap Kepala MAN 3 Malang Binti Maqsudah, Jumat (20/10).

Menurut Binti, siswa-siswi MAN 3 Malang telah melakukan riset secara serius hingga berbulan-bulan. Paling cepat lima bulan dan ada pula yang 10 bulan.

“Dalam menyiapkan siswa-siswi, kami bekerjasama dengan beberapa dosen univeritas, seperti dosen Universitas Brawijaya dan dosen Universitas Surya. Kami kerjasama agar para peneliti dan profesor di universitas tersebut dapat membimbing siswa-siswi kami. Bahkan kami juga lakukan uji lab di universitas-universitas tersebut,” tutur Binti semangat.

Selain dengan universitas, lanjut Binti Maqsudah, MAN 3 Malang juga menggait organisasi riset seperti Jawara Foundation untuk membimbing siswa-siswinya dalam menganalisis data dan hasil laboratorium.

Berikut ini daftar siswa MAN 3 Malang yang meraih prestasi di OPSI 2017 adalah:

1. Haidar Azzamuddin dan Riska Fajriana Putri (Medali Emas Kategori Bidang Sains dan Teknologi). Mereka melakukan riset tentang Efikasi Jamu Pepaya Jantan dalam Pengobatan Penyakit Malaria Stadium Akhir (Tinjauan Immunoprofiling dan Mortalitas Mencit Balb/C).

2. Yusuf Gladiensyah Bihanda dan Rahmah Nur Diana (Medali Perunggu Kategori Bidang Matematika dan Rekayasa). Mereka berdua meneliti tentang Humanisasi Candi: Dimensionalitas dan Regenerasi Fraktal Motif Wallpaper Kuni Candi Badut pada Industri Sanitar Karangbesuki.

3. Arifah Mahmadani Azzah dan Hanifah Rahmawati (Special Ward kategori Sosial dan Humaniora). Mereka berdua meneliti tentang Implementasi Pendidikan Inklusif: Mempersempahkan Surga Pendidikan Inklusif Terbaik (Studi Kasus Pendidikan Inklusif MIT Ar Roihan Lawang).

4. Yuris Setyadin dan Diana Rifda Hanifa (Special Award kategori Matematika dan Rekayasa). Mereka meneliti tentang Nanosilika Biosintesis Lactobacillus bulgaricus dari Bagasse: Kajian Variasi medium, wadah kultur dan Perbandingan Bagasse dengan Biomassa Bakteri. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim