Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mahasiswa Baru UIN Malang Dibekali Wawasan Kebangsaan

Mahasiswa Baru UIN Malang Dibekali Wawasan Kebangsaan

TerasJatim.com, Malang,- Genderang perang terhadap paham radikalisme di Indonesia terus dikumandangkan, termasuk pada dunia pendidikan, utamanya perguruan tinggi.

Seperti halnya sosialisasi wawasan kebangsaan yang dilakukan oleh Korem 083/Baladhika Jaya di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim saat ini. Senin (13/08).

Tak hanya merangkul para mahasiswa baru, sosialisasi ini juga bertujuan untuk menangkal keberadaan paham radikalisme yang saat ini dinilai meresahkan masyarakat.

“Isu terorisme saat ini merupakan ancaman faktual yang harus disikapi secara serius. Karena, ideologi, maupun paham radikalisme dapat mengancam ideologi bangsa, yaitu Pancasila,” tegas Pjs Kasrem 083/Baladhika Jaya, Letkol Arm Budi Santoso yang hadir mewakili Danrem.

Tidak hanya itu saja, Budi juga mengungkapkan, era perkembangan globalisasi seperti yang terjadi saat ini merupakan salah satu tantangan tersendiri yang harus di hadapi oleh bangsa dan negara dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

“Hanya dengan kesadaran untuk membela negara, kita mampu untuk berbuat yang terbaik demi bangsa dan negara kita,” jelasnya.

Di hadapan ribuan mahasiswa baru itu, Budi juga mengajak para generasi muda tersebut untuk ikut serta berpartisipasi menangkal, maupun mencegah keberadaan paham radikalisme.

“Jika menemukan pengaruh tersebut (paham radikalisme), segera laporkan ke aparat keamanan setempat supaya dapat diantisipasi perkembangannya,” pintanya.

Ia juga mengingatkan, Indonesia memiliki kesadaran untuk mengamankan dan melestarikan Pancasila sebagai salah satu komitmen dasar negara selain UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sebagai jati diri, dan budaya bangsa. Sebab, komitmen tersebut merupakan benteng yang kuat dalam menjaga keutuhan dan persatuan di Indonesia. (Pras/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim