Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Lebaran, BI Jatim Siapkan Uang Baru Rp15,1 Triliun

Lebaran, BI Jatim Siapkan Uang Baru Rp15,1 Triliun

TerasJatim.com, Surabaya – Untuk memenuhi kebutuhan Ramadan hingga Idul Fitri 1439 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jatim menyiapkan uang pecahan baru untuk masyarakat sebesar Rp151,1 triliun.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jatim, Yudi Harymukti mengatakan, khusus periode Ramadhan diperkirakan kebutuhan akan uang tunai meningkat sebesar 15,3 persen menjadi Rp15,1 triliun, dibandingkan periode 2017 sebesar Rp13,1 triliun.

Pihaknya berharap warga masyarakat Surabaya tak perlu khawatir dengan kecukupan uang rupiah selama periode Ramadhan hingga Idul Fitri 2018, karena Bank Indonesia siap membantu.

“Bank Indonesia siap melayani kebutuhan uang tunai dan sistem pembayaran masyarakat selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H/Tahun 2018,” ujar Yudi dikantornya Surabaya, Selasa (05/06).

Menurut Yudi, untuk melayani dan memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil, KPw BI Jatim telah melakukan langkah antisipatif melalui koordinasi dengan perbankan dan pihak terkait lainnya ,untuk melakukan layanan penukaran kepada masyarakat.

“Penukaran uang bisa dilakukan di outlet perbankan, penukaran uang bersama perbankan di lapangan Makodam V Brawijaya, serta layanan di rest area pada sejumlah ruas jalan tol. Sampai dengan 28 Mei 2018, Bank Indonesia telah melayani penukaran dengan nominal sebesar Rp24,19 Miliar,” lanjutnya.

Yudi merinci, dalam layanan penukaran in, Bank Indonesia bekerjasama dengan perbankan di sejumlah titik, antara lain Lapangan Makodam pada tanggal 24 dan 30 Juni 2018, layanan di Jembatan Merah Plaza, GOR Sidoarjo dan depan kantor BI Jatim pada tanggal 26 Juni, serta layanan di rest area jalan tol

Layanan di Makodam dilakukan kembali pada 5 Juni sampai dengan 7 Juni 2018, sementara layanan di rest area akan berlanjut sampai dengan 7 Juni 2018.

“Kita juga telah bekerjasama dengan 66 perbankan untuk membuka layanan penukaran di lebih dari 300 outlet perbankan yang memasang spanduk layanan penukaran di wilayah Surabaya dan sekitarnya mulai 22 Mei hingga 7 Juni 2018,” tukas dia. (Jnr/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim