Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kunjungi Jatim, Presiden Silaturahmi ke Ponpes Amanatul Ummah Mojokerto

Kunjungi Jatim, Presiden Silaturahmi ke Ponpes Amanatul Ummah Mojokerto

TerasJatim.com, Mojokerto – Presiden Jokowi hari ini melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Provinsi Jatim.

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi memberikan kuliah umum sekaligus menghadiri Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Badan Pembina Lembaga Pendidikan (BPLP) PGRI, di Gelora Hasta Brata, Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya.

Usai dari acara tersebut, Presiden Jokowi bersilaturahmi kepada para kiai, ulama, santri, dan walisantri yang ada di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, di Desa Kembang Belor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Setelah itu, Presiden menyerahkan 5.000 sertifikat hak atas tanah kepada warga di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Gresik, di Jatim Expo, Surabaya. Di Sidoarjo, Presiden berkunjung ke Pesantren Progresif Bumi Shalawat, Kabupaten Sidoarjo.

Saat bersilaturahmi dengan para tokoh ulama dan santri di Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Kabupaten Mojokerto, Presiden mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menyemai dan menjaga kerukunan di tengah perbedaan yang ada.

Menurutnya, kodrat bangsa Indonesia, memang terlahir di atas keragaman budaya, adat, dan bahasa. “Harus kita sadari bahwa kita ini hidup di masyarakat yang majemuk, berbeda suku, agama, tradisi, dan adat. Jangan lupakan itu,” katanya, Kamis (06/09).

Presiden mengajak para santri dan ulama untuk berperan menyebarkan sikap khusnul tafahum (berprasangka baik) kepada masyarakat.

“Jangan kita ini gampang curiga, berprasangka tidak baik, apalagi pas ada pemilihan bupati, wali kota, bupati, gubernur, dan presiden. Tidak boleh kepada saudara-saudara kita apalagi sesama muslim. Harus kita jaga ukhuwah islamiah dan wathaniah kita,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengajak seluruh pihak untuk tetap optimistis dalam situasi apapun.

Tampak mendampingi Jokowi, Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah KH Asep Saefudin Chalim, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Jatim dan Ketua Umum PP Muslimat NU, yang sekaligus calon Gubernur Jatim,  Khofifah Indar Parawansa. (Her/Ah/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim