Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kompetisi Sains Madrasah 2018, Jatim Kembali Jadi Juara Umum

Kompetisi Sains Madrasah 2018, Jatim Kembali Jadi Juara Umum

TerasJatim.com – Kontingen dari Provinsi Jatim kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018, yang berlangsung di Bumi Rafflesia, Kota Bengkulu, pada 24-28 September 2018.

Prestasi para siswa madrasah Jatim ini dinilai fenomenal karena tujuh kali berturut-turut mereka menyabet juara umum sejak KSM dimulai pada 2012 lalu.

Kontingen Jatim meraih juara umum dengan perolehan 8 medali emas, 18 perak, dan 14 medali perunggu.

Di bawah Jatim, diduduki kontingen KSM Provinsi Jateng yang meraih 16 medali, dengan rincian 5 medali emas, 7 perak, dan 4 perunggu. Posisi ketiga ditempati kontingen Provinsi DKI Jakarta dengan raihan 6 medali, yakni 4 emas dan 2 perak.

Pada malam penutupan KSM 2018, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin secara langsung menyerahkan medali emas bagi para juara ajang.

Selain mendapatkan medali emas dan uang pembinaan jutaan rupiah, para juara KSM 2018 juga mendapat tiket masuk pada 2 perguruan tinggi Islam (PTKIN) terkemuka tanpa tes, yakni UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Mereka juga mendapat beasiswa selama masa studi di Fakultas Sains dan Teknologi.

Pada KSM tahun ini digelar 4 jenis kompetisi Sains Madrasah. Dari 104 ribu peserta KSM di tingkat Kabupaten/Kota, 528 siswa berhasil maju di tingkat nasional.

Sementara untuk tingkat MTs/SMP, kegiatan ini diikuti oleh 142 siswa dengan 3 bidang lomba, yaitu Matematika, IPA, dan IPS. Sedangkan untuk tingkat MA/SMA, kegiatan KSM diikuti oleh 281 peserta, dengan 6 mata pelajaran yang dilombakan, yaitu: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Kompetisi lain adalah Madrasah Young Researcher Super Camp. Dari 600 proposal penelitian yang masuk, panitia melakukan shortlist menjadi 45 proposal terbaik yang dibagi menjadi 3 bidang penelitian, yaitu bidang Sains dan Teknologi, Sosial dan Humaniora, dan Keagamaan. (Her/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim