Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Khofifah-Emil Nomor Urut 1, Gus Ipul-Puti Nomor Urut 2

Khofifah-Emil Nomor Urut 1, Gus Ipul-Puti Nomor Urut 2
(Doc: Phaksy Sukowati/kumparan)

TerasJatim.com, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim, menggelare rapat pleno pengundian nomor urut untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jatim 2018.

Proses pengundian nomor urut itu digelar di Convention Hall, Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya. Selasa (13/02).

Pasangan cagub-cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, mendapat nomor urut 1, sementara Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno memperoleh nomor urut 2

Cawagub Emil Dardak dan cawagub Puti Guntur bertindak sebagai pemetik nomor undian. Nomor undian diambil dari sebuah bola pingpong dalam akuarium kaca.

Emil mendapat nomor kecil sehingga berhak mengambil gulungan spanduk yang berisi nomor urut. Selanjutnya cagub Khofifah mengambil gulungan spanduk yang tersimpan di wadah gelas. Disusul Puti dan Gus Ipul mengambil nomor urut pada gulungan terakhir.

Selanjutnya, pembawa acara memberikan aba-aba kedua calon gubernur untuk membuka spanduk.

Setelah nomor urut dibeber, diketahuilah Khofifah-Emil mendapat nomor urut 1, Gus Ipul-Puti nomor urut 2. Momen itu diramaikan dengan tepukan meriah kedua pendukung calon.

Masing-masing pendukung kandidat sudah menyiapkan poster nomor urut untuk diacungkan sesuai nomor yang didapat.

Dalam sambutannya, Khofifah memilih menggunakan pantun untuk menyambut yel-yel dari pendukung dan simpatisannya. Khofifah juga menutup sambutannya dengan khas Jawa timuran.

Sedangkan paslon nomor 2 lewat cawagub Puti Soekarno, justru bersuara lewat cuplikan puisi yang disadur dari karya Bung Karno, yang berjudul Sarinah.

Usai acara, Puti menegaskan pihaknya tetap akan berjuang menjalankan politik yang berkebudayaan. Baginya, nomor berapapun tidak mengurangi peluang mereka untuk memenangkan Pilgub Jatim.

“Dua adalah simbol perdamaian. Kami ingin berpolitik yang indah, damai serta politik yang berkebudayaan,” ujarnya.

Sementara, terpisah, cawagub nomor satu Emil Dardak mengatakan, nomor urut satu merupakan berkah bagi pihaknya dan juga bagi masyarakat Jatim. Angka satu menandakan simbol persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia.

“Angka satu merupakan simbol Bhineka Tunggal Ika bagi rakyat Jawa Timur,” ujar pria yang juga Bupati Trenggalek ini. (Ah/Kta/Red/TJ/Kumparan)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim