Kementrian PUPR Akan Gelar Pameran Rumah Rakyat Di Banyuwangi

Kementrian PUPR Akan Gelar Pameran Rumah Rakyat Di Banyuwangi
Bupati Banyuwangi (kanan) saat menerima pejabat Kementrian PUPR di Banyuwangi, Selasa (04/10)

TerasJatim.com, Banyuwangi – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggelar pameran rumah rakyat di Banyuwangi Jawa Timur. Pameran itu rencananya akan dilaksanakan di Gedung Seni Budaya (Gesibu) Banyuwangi, pada 14 hingga 19 Oktober mendatang.

Sebanyak 30 pengembang perumahan bersubsidi dan perbankan akan turut dalam pameran tersebut.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR, Budi Hartono, kepada TerasJatim.com menuturkan, pameran rumah rakyat ini untuk mempercepat realisasi program satu juta rumah yang telah dicanangkan Presiden Jokowi pada April 2015 lalu.

Menurutnya pada tahun ini pihaknya akan menggelar program pameran rumah rakyat di empat kabupaten kota yang dinilai layak. Salah satunya kabupaten yang tren ekonominya dinilai meningkat. “Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten yang kita pilih.” ujarnya.

Dalam program ini, lanjut Budi Hartono, pemerintah menyediakan rumah subsidi dengan harga dan cicilan yang sangat terjangkau. Rumah yang dibangun merupakan kategori rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau biasa disebut sebagai rumah subsidi. Sehingga diharapkan semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) seperti nelayan dan buruh dapat segera memiliki rumah.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, sangat mendukung program pemerintah tersebut. Sebab dengan adanya program itu nantinya akan semakin banyak masyarakat yang memiliki hunian yang layak dengan harga terjangkau.

Namun Anas mengingatkan kepada pengembang perumahan bersubsidi, untuk mematuhi aturan yang telah diterapkan pemkab. Seperti penyediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial harus dilengkapi. “Ini semata-mata untuk pengendalian agar pengembang tidak sembarangan,” kata Anas. (Irh/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim