Kemenkumham Jatim Lakukan Mutasi 73 Pejabat Administrasi

Kemenkumham Jatim Lakukan Mutasi 73 Pejabat Administrasi

TerasJatim.com, Surabaya – Sebanyak 73 pejabat administrasi di lingkungan Kanwil dan UPT wilayah Jawa Timur, dilantik oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Susy Susilawati, Selasa (10/10).

Ke 73 pejabat tersebut, masing-masing 15 Kepala Lembaga Pemasyarakatan (lapas), 4 Kepala Rumah Tahanan (Rutan), dan 2 Kepala Badan Pemasyarakatan (Bapas). Sedangkan sisanya adalah jabatan administrasi lainnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Susy Susilawati menjelaskan, mutasi dan promosi di lingkungan Kemenkumham diterapkan secara menyeluruh di masing-masing provinsi di seluruh Indonesia, termasuk Kanwil Jatim. Setidaknya ada 800 mutasi promosi yang dilakukan.

“Peralihan atau mutasi promosi itu adalah hal biasa untuk penyegaran, selain untuk meningkatkan kinerja,” jelas Susy di sela pelantikan, Selasa (10/10).

Susy menuturkan, beberapa pos yang dilantik hari ini diantaranya adalah jabatan Kalapas dan Karutan, diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang selama ini menjadi sorotan.

“Harapannya tentu saja lebih meningkatkan kinerja, kemudian tidak ada lagi permasalahan-permasalahan di dalam Lapas. Karena biasanya kalau orang baru pasti ingin menampilkan yang terbaik dan itu kami harapkan,” lanjutnya.

Susy mengakui, jika saat ini jumlah penghuni Lapas/Rutan tidak sebanding dengan jumlah sipir. Idealnya satu sipir menjaga 20 narapidana. Namun yang terjadi saat ini, satu sipir menjaga sekitar 200 narapidana. Sehingga diakuinya, dalam melakukan pengamanan pihaknya masih kurang optimal.

“Sebagai contoh di Lapas Porong, jumlah petugas jaga perjaga itu 10 orang, padahal isinya 2500. Harusnya sekali jaga itu 130 orang, berarti begitu banyak kebutuhannya,” paparnya.

Dengan kembali dibukanya proses penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham, diharapkan mampu memberikan angin segar bagi Kanwil Kemenkumham Jatim. Lantara akan mendapatkan tambahan pegawai, dengan prosentasi terbanyak sebagai penjaga Lapas/Rutan.

“Alhamdulillah tahun ini kami dapat tambahan pegawai sebanyak 900 orang, untuk petugas pengamanan ini, jadi lumayan lah ada tambahan,” tukasnya. (Ah/Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim