Kemenag Buka Lowongan 1000 Dosen

Kemenag Buka Lowongan 1000 Dosen

TerasJatim.com – Kementerian Agama, tahun ini memperoleh alokasi formasi dosen  bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) sebanyak 1.000.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam dalam keterangannya menyampaikan, alokasi 1.000 CPNS bagi dosen ini merupakan perjuangan tersendiri setelah sebelumnya hanya diberi 500 formasi.

Namun akhirnya oleh Kemenpan RB, Kemenag  diberi tambahan 500, sehingga total alokasi CPNS bagi dosen menjadi 1.000 orang.

“Semula di tahap awal hanya 500, dan khusus untuk CPNS dosen-dosen agama. Setelah melalui perjuangan tersendiri, kita diberikan tambahan 500 untuk CPNS dosen-dosen ilmu umum di PTKN kita,” ujar Nur Syam, Rabu (06/09) siang.

Menurutnya, saat ini sedang terjadi proses transformasi dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan dari IAIN ke Universitas Islam Negeri (UIN).

“Baik IAIN dan UIN, tentu membutuhkan dosen-dosen yang memiliki basis ilmu-ilmu non keislaman, baik terkait ilmu sosial humaniora, sains, dan teknologi, serta ilmu-ilmu kedokteran,” imbuhnya.

Saat ditanyakan alasan lowongan hanya untuk dosen, Guru Besar UIN Surabaya ini mengatakan, sesuai visi pemerintah, Kemenag ingin memperoleh akses dan pemerataan pendidikan di bidang pendidikan tinggi, karena APK kita yang belum optimal.

“Pemerintah mempertimbangkan lowongan CPNS tahun ini dikhususkan  bagi dosen. Kita berharap tahun depan ada lowongan CPNS lagi, dan akan kita buka untuk fungsi keagamaan. Karena sesungguhnya kita butuh banyak penyuluh-penyuluh agama dari semua agama, dan kita akan mengusulkan sesuai kebutuhan ,” ucapnya.

Menurutnya, berdasarkan Permenpan Nomor 20 Tahun 2017, formasi CPNS dosen Kementerian Agama selanjutnya dialokasikan untuk, putra/putri terbaik (cumlaude/dengan pujian) sebanyak 123 formasi, penyandang disabilitas sebanyak 1 orang dan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 1 formasi. Sementara formasi umum sebanyak 875 formasi.

“Alokasi tambahan formasi dosen tersditribusi ke 71 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) pada Kementerian Agama,” ujar Nur Syam.

Dijelaskannya, pengumuman seleksi CPNS dibuka serentak pada tanggal 5 September 2017, kemudian pendaftaran peserta dimukai pada tanggal 11 September 2017. Penutupan tanggal 25 September 2017. (informasi selengkapnya sila klik di sini)

Dalam pelaksanaan seleksi CPNS ini, Nur Syam menegaskan agar calon pelamar termasuk orang tua pelamar, tidak mempercayai apabila ada pihak-pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya. (Her/Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim