Kawal Nasib Persebaya, Ribuan Bonek Geruduk Kongres PSSI di Bandung

Kawal Nasib Persebaya, Ribuan Bonek Geruduk Kongres PSSI di Bandung
Ilustrasi

TerasJatim.com, Surabaya – Ratusan suporter Persebaya Surabaya atau yang dikenal dengan sebutan Bonek, berangkat menuju ke kota Bandung Jawa Barat. Mereka akan menggelar aksi damai untuk mengawal proses Kongres Tahunan PSSI yang rencananya akan digelar di Hotel Arya Duta Bandung, Minggu (08/01).

Diperkirakan nantinya akan ada ribuan Bonek yang datang ke Bandung, untuk memperjuangkan nasib tim Persebaya Surabaya agar ikut berkompetisi di Liga Indonesia musim mendatang.

Mereka berangkat secara bertahap. Pada Jumat (06/01), sebanyak 300 Bonek berangkat dengan menggunakan KA Pasundan dari Stasiun Gubeng Surabaya pada pukul 08.15 WIB.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutyatmoko mengatakan, para suporter berangkat menggunakan KA secara bergelombang, yang dimulai pada Kamis (05/01) kemarin sebanyak 40 orang lewat Stasiun Gubeng.

“Yang sekarang lebih banyak, kira-kira 150 suporter. Mereka semua membeli tiket, jadi tidak ada alasan untuk melarang mereka berangkat,” katanya kepada wartawan, Jumat (06/01).

Meski demikian, ia menegaskan semua penumpang tetap harus mengikuti aturan dari PT KAI. Termasuk aturan bagi suporter agar tidak membawa atribut.

“Kita melarang mereka membawa atribut suporter, jadi ketika hendak naik kereta, mereka diperiksa secara ketat. Larangan itu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, misal saja pelemparan oleh orang tak bertanggung jawab di titik-titik tertentu,” jelas Gatut.

Sementara itu, dedengkot Suporter Persebaya Andi Peci mengatakan, para suporter akan menjaga kondusivitas saat berada di Bandung. Menurutnya aksi Bonek yang menghadiri kongres PSSI ini hanya untuk mendapat pengakuan dari PSSI. Jika aspirasi Bonek tidak mendapatkan tanggapan, mereka siap mengambil langkah hukum.

“Ada 3.000 Bonek yang berangkat. Tujuan kita satu yakni Persebaya Surabaya mendapatkan pengakuan dari PSSI, kita juga siap mengambil langkah hukum,” jelas Andi di stasiun Gubeng Surabaya.

Aksi pengawalan terhadap PSSI ini merupakan kali ketiga yang dilakukan oleh Bonek. Sebelumnya, Bonek juga menghadiri dua kali kongres PSSI di Jakarta.

Dilaporkan, selama di Bandung mereka telah disediakan tempat oleh Pemkot setempat di GOR Pajajaran. (Tom/Red/TJ/ROL)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim