Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kasus Pembobolan ATM Bank Jatim di Blitar, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan

Kasus Pembobolan ATM Bank Jatim di Blitar, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan

TerasJatim.com, Blitar – Jajaran Satreskrim Polres Blitar Kota masih melakukan upaya penyelidikan atas kasus pembobolan ATM Bank Jatim yang berada di Jalan Sudanco Supriyadi Kota Blitar dan di wilayah Udanawu Kabupaten Blitar, yang terjadi beberapa waktu lalu.

Dalam kasus yang merugikan keuangan bank Rp48 juta ini, polisi sudah meminta keterangan sejumlah saksi termasuk pihak Bank Jatim.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, melalui Kasat Reskrim AKP Heri Sugiono mengatakan, jumlah uang yang digondol pelaku sebesar Rp48 juta itu, terdiri dari ATM Bank Jatim yang berada di Jalan Sudanco Supriyadi Rp30 juta dan yang berada di Udanawu mencapai Rp18 juta.

Modus yang dilakukan para pelaku adalah dengan menggunakan sistem phishing atau menggandakan data melalui layanan internet banking.

Modus ini biasanya dilakukan para pelaku yang sudah ahli dalam dunia IT. Caranya, pelaku biasanya mengirim email kepada nasabah bank untuk masuk ke dalam layanan internet banking.

“Biasanya dalam email itu pelaku mengaku sebagai pihak bank yang sedang menjalankan perbaikan layanan. Kemudian pelaku meminta nasabah untuk melakukan login untuk mencoba sistem yang baru,” jelas Heri, Minggu (10/02/19).

Heri menambahkan, selanjutnya dalam email itu, nantinya ada tautan link internet banking, namun tautan itu hanya tiruan yang sudah disiapkan pelaku. Di tautan tiruan inilah, pelaku menggandakan data dari nasabah dan kemudian membobolnya.

Heri mengimbau, agar masyarakat tidak mudah percaya dengan email-email yang mengajak ataupun mengatasnamakan pihak bank.

“Kami mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam bertransaksi khususnya menggunakan mesin ATM yang jauh dari pantauan petugas keamanan bank. Silahkan menghubungi bank ataupun nomor telpon call center bank apabila menemui kesulitan,” tukasnya.

Sebelumnya, dua mesin ATM milik Bank Jatim yang terletak di Jalan Sudanco Supriadi, Kota Blitar dan di Pasar Udanawu, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, dibobol oleh kawanan pelaku, pada Selasa (05/02/19).

Saat ini, para pelaku yang berjumlah empat orang tersebut sudah dibekuk oleh anggota Satreskrim Polres Trenggalek.

Diduga para pelaku juga beraksi di sejumlah wilayah di Jatim, termasuk kasus pembobolan ATM di Trenggalek. (Kta/Red/TJ)

Baca juga :  http://www.terasjatim.com/polres-trenggalek-bekuk-komplotan-pembobol-atm-lintas-kota/

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim