Kapolres Banyuwangi: Pesta Kembang Api di Tahun Baru Harus Berijin

Kapolres Banyuwangi: Pesta Kembang Api di Tahun Baru Harus Berijin

TerasJatim.com, Banyuwangi – Kepolisian Resor Banyuwangi Jawa Timur, mengimbau warganya yang merayakan malam tahun baru nanti dengan pesta kembang api dalam ukuran besar, seharusnya dilengkapi dengan ijin kepolisian.

Sebab dalam pesta kembang api dalam ukuran yang melebihi batas ketentuan, memiliki potensi yang membahayakan bagi masyarakat. Terlebih saat malam tahun tahun baru, kerumunan masa cenderung lebih banyak dibanding hari biasanya.

“Jika ada pihak yang mebandel, akan kita tindak sesuai aturan,” ujar Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto, kepada TerasJatim.com, Selasa (27/12)

Untuk itu sebagai langkah antisipasi, pihaknya saat ini menugaskan jajaran yang ada di bawah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Tidak hanya kembang api, mantan Kapolres Malang itu juga menghimbau masyarakat tidak menyalakan petasan pada malam tahun baru.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi KH Muh Yamin meminta kepolisian melakukan razia pada malam tahun baru.

Razia bisa dilakukan di sejumlah tempat kerumunan masa yang dinilai mencurigakan. Sebab pada malam tahun baru tidak sedikit masyarakat, khususnya kalangan muda yang merayakannya dengan disertai pesta minuman keras.

Jika pesta minuman keras pada malam tahun baru itu dibiarkan, dikahwatirkan akan memiliki banyak dampak negatif. Terlebih banyak kasus seseorang yang dalam pengaruh minuman keras melakukan pencurian, perkosaan bahkan pembunuhan. Bahkan tidak jarang, pasca pesta miras, berlanjut ke pesta narkoba.

“Miras dan sejenisnya tidak hanya dilarang agama, tapi juga sudah diatur dalam perda,” tegasnya.

Oleh sebab itu. lanjut Muh Yamin, para pelaku yang kedapatan menjual dan melakukan pesta miras, narkoba dan sejenisnya harus ditindak tegas. Sehingga potensi kejahatan yang dapat mengganggu kemananan di Banyuwangi dapat diminimalisir.

“Masyarakat yang merayakan tahun baru jangan berlebihan dan melanggar aturan,” pintanya. (Irh/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim