Kantor Imigrasi Jember, Buka Unit Layanan Paspor di Banyuwangi

Kantor Imigrasi Jember, Buka Unit Layanan Paspor di Banyuwangi

TerasJatim.com, Banyuwangi – Sejak kemarin, Kantor Imigrasi Kelas II Jember Jawa Timur, membuka Unit Layanan Paspor (ULP) di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Jember, Rudiara Kosasih mengatakan, pembukaan ULP di Banyuwangi bertujuan untuk mendekatkan kepada pemohon paspor di Banyuwangi dan kawasan Bali barat.

Untuk mengurus paspor, selama ini warga Banyuwangi harus ke Kantor Imigrasi Jember yang jaraknya mencapai 100 kilometer.

“Sekarang cukup datang ke ULP Ketapang, Banyuwangi. Jaraknya lebih dekat dan tanpa antre panjang,” jelasnya.

Selain itu menurut Rudiara, pembukaan ULP ini sekaligus untuk memantau kedatangan warga asing di Banyuwangi. Terlebih Banyuwangi memiliki pelabuhan Tanjungwangi yang kerap disinggahi kapal asing.

“Sehingga nantinya, izin tinggal bagi warga asing tanpa harus diurus ke Bali atau Jakarta,” tambahnya.

Tidak hanya itu, pembuatan paspor di ULP Ketapang juga mempermudah para calon TKI Banyuwangi. Sebab selama ini, para TKI asal Banyuwangi justru membuat paspor ke luar daerah, seperti, Malang, Madiun bahkan hingga ke Jakarta.

ULP Ketapang  yang dilengkapi tiga layanan pemotretan dan sidik data itu, nantinya bisa melayani pembuatan paspor hingga 100 unit per hari.

Sementara itu Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko berharap, ULP bisa menjadi solusi bagi masyarakat Banyuwangi pemohon paspor agar tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Jember.

Sebab menurutnya pemohon paspor dari Banyuwangi utamanya para TKI ke Jember selama ini juga sangat tinggi. Iirh/Red/TJ)am)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim