Jutaan Ubur-Ubur ‘Menyerang’, Listrik Jawa Bali Terganggu

Jutaan Ubur-Ubur ‘Menyerang’, Listrik Jawa Bali Terganggu

TerasJatim.com, Probolinggo – Jutaan  ubur-ubur kembali menyerang pantai utara Probolinggo, tepatnya di sekitar Pantai Paiton.

Lokasi ini berada di sekitar pembangkit listrik tenaga uap, PLTU Paiton, Probolinggo. Akibat ulah ubur-ubur tersebut kinerja pembangkit listrik Jawa Bali ini menjadi terganggu.

Ubur-ubur yang ada di pantai ini muncul dengan berbagai warna. Di antaranya putih, biru dan bintik-bintik kecoklatan. Yang paling mendominasi adalah warna putih.

Ada beberapa jenis ubur-ubur yang sangat membahayakan bagi warga. Selain menyengat, ubur – ubur yang berbintik hitam bisa menyebabkan gatal hingga infeksi.

“Fenomena ini sudah berlangsung sejak dua hari belakangan,” ujar Panji Sasri, Kasubag TU TPI Paiton, seperti dilansir JPNN.

Sementara itu, menurut  Eko Setyawan, Humas PT PJB PLTU Paiton, ubur-ubur ini masuk ke turbin pendingin unit 8 dan 9, sehingga mengakibatkan kinerja pembangkit tidak maksimal.

“Hingga saat ini, masih diupayakan pembenahan di mesin, agar gangguan di wilayah barat kembali normal,” ujarnya.

Di lokasi tampak para pekerja masih berupaya membersihkan jutaan ekor ubur-ubur yang menyerbu Pembangkit Lisrik Tenaga Uap (PLTU)  tersebut.

Sedikitnya 90 personel dikerahkan untuk melakukan pembersihan dan perbaikan pada peralatan yang terdampak.

Karena ubur-ubur termasuk hewan yang berbahaya dan jumlahnya sangat banyak, upaya pembersihan diperkirakan membutuhkan waktu lama.

Sebelumnya, sejak Kamis kemarin, terjadi gangguan suplai listrik di sebagian daerah Jawa dan Bali. Diduga akibat serangan ubur-ubur ini suplai listrik khususnya di Jawa menjadi terganggu.

Dan beberapa daerah di Jawa barat merupakan daerah yang terkena imbas dari terhentinya aliran listrik sejak Kamis pukul 16.58 WIB. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim