Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jelang Pilkades Serentak, Kapolresta Kediri Gelar Patroli Desa

Jelang Pilkades Serentak, Kapolresta Kediri Gelar Patroli Desa

TerasJatim.com, Kediri – Sedikitnya 203 desa di Kediri Jatim akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, yang akan digelar pada 30 Oktober nanti.

Terkait keamanan gelaran pemilu tingkat desa itu, Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi menggelar patroli desa. Kegiatan ini menyasar 2 wilayah kecamatan di Kediri, yakni Tarokan dan Grogol.

“Kami akan mengadakan deklarasi damai pilkades dan menyampaikan pesan kepada para calon kades agar menjunjung tinggi mekanisme pilkades yang telah disepakati,” jelas Anthon, saat menyambangi Desa Kedungsari Kecamatan Tarokan, Sabtu (06/10).

Selain itu, lanjut Anthon, pihaknya juga mengimbau kepada pimpinan keamanan di wilayah untuk rutin melaksanakan patroli tiga pilar di wilayah desa yang akan melaksanakan Pilkades.

Sedangkan untuk masyarakat desa, Anthon mengimbau agar sama-sama ikut menjaga situasi Kamtibmas di desanya masing-masing.

Diketahui, 5 kecamatan di Kabupaten Kediri yang berada di wilayah Hukum Polresta Kediri, yang terdiri dari 60 desa di Kecamatan Mojo, Semen, Banyakan, Grogol dan Tarokan akan menggelar pilkades secara serentak.

Kegiatan pilkades serentak dilaksanakan pada Rabu 30 Oktober 2018, di 203 desa yang menyebar di 24 kecamatan.

Sedang di wilayah Kabupaten Kediri, terdiri dari 26 kecamatan dengan rincian 343 desa dan 1 kelurahan.

Hal yang menarik dalam pilkades di Kabupaten Kediri, dari 203 desa terdapat 1 desa yang calonnya berjumlah 8 orang, yaitu Desa Senden Kecamatan Kayen Kidul.

Sementara 24 Kecamatan dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri yang menyelenggarakan pilkades paling banyak adalah Kecamatan Mojo, sebanyak 16 desa. Sementara 2 kecamatan yang tidak menyelenggarakan pilkades yakni Kecamatan Wates dan Kecamatan Kepung. (Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim