Jelang Pilkades Serentak, 84 Calon Kepala Desa di Bojonegoro Gelar Ikrar Damai

Jelang Pilkades Serentak, 84 Calon Kepala Desa di Bojonegoro Gelar Ikrar Damai

TerasJatim,com, Bojonegoro – Sebanyak 84 calon Kepala Desa dari 32 desa di 21 kecamatan  di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, mengikuti penandatanganan ikrar damai,  Sabtu (26/11) pukul 09.00 WIB.

Acara yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Bojonegoro ini diharapkan mampu untuk menjaga keamanan dalam pelaksanaan jalannya Pilkades yang akan digelar pada 30 Nopember nanti

Bupati Bojonegoro H. Suyoto mengatakan, pilkades merupakan salah satu wujud pelaksanaan proses demokrasi di tingkat desa. Dalam pelaksanaannya nanti pasti ditemukan perbedaan pilihan dan hal itu wajar.

“Perbedaan pandangan dan pendapat harus menjadi perekat persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Lanjut Kang Yoto, sapaan akrab Bupati Bojonegoro ini, pihaknya mengajak warganya untuk mengawal proses suksesi kepemimpinan di tingkat desa dengan aman dan damai.

Pada kesempatan itu Kang Yoto juga mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri dan seluruh jajaran pengamanan yang telah siap melaksanakan jalannya pilkades serentak 30 Nopember yang akan datang.

Sementara Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro menuturkan, dari 32 desa yang melaksanakan pilkades serentak, pihaknya telah memetakan kriteria desa yang mempunyai tingkat kerawanan.

“Ada rawan I sebanyak 3 desa, rawan II sebanyak 19 Desa dan kriteria aman sebanyak 10 desa,” ujar perwira dengan pangkat dua melati yang dikenal ramah ini.

Wahyu menambahkan, dari hasil pemantauan selama ini, tidak ditemukan desa yang memiliki potensi tingkat kerawanan tinggi.

“Hanya ada beberapa desa yang harus ada tambahan pengamanan, dikarenakan ada banyak calon dan jumlah pemilih yang cukup banyak,” imbuhnya.

Kapolres berharap, dengan ikrar damai yang telah disepakati bersama, para calon pemimpin desa tersebut dapat mengendalikan massa pendukungnya, sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif di lingkungan desa menjelang pelaksanaan pikades. (Ev/Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim