Jelang Petik Laut, Warga Muncar Banyuwangi Bakar Ikan Secara Masal

Jelang Petik Laut, Warga Muncar Banyuwangi Bakar Ikan Secara Masal

TerasJatim.com, Banyuwangi – Ribuan warga Kecamatan Muncar Banyuwangi, Jawa Timur membakar ikan secara masal sepanjang 1.500 meter di pantai tempat pelelangan ikan setempat, Sabtu (15/10).

Meski di tengah terik panas matahari dan menggunakan alat bakar ikan tradisional, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengikuti festival bakar ikan yang digelar satu hari sebelum pelaksanaan tradisi petik laut Muncar.

Festival bakar ikan ini diikuti sekitar 2.000 peserta yang berasal dari berbagai lapisan, mulai dari, kelompok nelayan hingga masyarakat umum.

“Ratusan kilo ikan laut dibakar bareng-bareng. Masyarakat juga bisa ikut menikmati ikan bakar,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang ikut mencicipi ikan bakar tersebut.

Dengan acara ini, lanjut Anas, diharapkan dapat mengenalkan potensi masyarakat nelayan, mengenalkan berbagai jenis ikan, berbagai olahan hingga produk jadi perikanan, termasuk produk perikanan Banyuwangi yang diekspor ke luar negeri. Selain itu juga memberikan nuansa baru bagi wisatawan yang ingin berwisata laut sambil mencari produk olahan ikan di Muncar.

“Ini juga untuk mendorong masyarakat memiliki keterampilan dalam mengelola ikan, sehingga memiliki nilai tambah,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Pujo Hartanto mengatakan, potensi terbesar di Banyuwangi salah satunya di bidang perikanan. Produksi perikanan tangkap di Banyuwangi meningkat dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2015 lalu produksi perikanan tangkap di Banyuwangi mencapai 61,178 juta kilogram. Jumlah tersebut naik dibanding tahun 2014 lalu, yang mencapai 60,66 juta kilogram.

“Acara ini sebagai upaya edukasi bagi publik.  Begitu pentingnya kebiasaan makan ikan dan begitu tingginya nilai gizi dalam ikan,” pungkasnya. (Irh/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim