Jelang Libur Panjang, BNNK Blitar Lakukan Tes Urine Terhadap 55 Masinis KA

Jelang Libur Panjang, BNNK Blitar Lakukan Tes Urine Terhadap 55 Masinis KA

TerasJatim.com, Blitar – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Blitar Jawa Timur, melakukan tes urine mendadak terhadap sejumlah masinis kereta api di Stasiun Kereta Api Blitar, Jawa Timur.

Menurut Kepala BNN Kabupaten Blitar, AKBP Henry Siswanto, pemeriksaan urine 55 masinis ini dilaksanakan sebagai antisipasi jelang libur panjang Natal dan tahun baru 2017.

“Pemeriksaan urine bagi masinis dan asisten masinis bertujuan, untuk antisipasi agar perjalanan kereta api (KA) mulai berangkat sampai tujuan, masinis tidak dalam pengaruh narkoba saat mengemudikan KA,” katanya.

Dikatakan Henry, peneriksaan ini menggunakan enam parameter, diantaranya ganja, heroin, hazis, amphetamin, metaphetamin, dan benzo (zat terkandung dalam obat).

Diitambahkan Henry,  tujuan pemeriksaan urine ini sebagai pembinaan dan keselamatan bagi perjalanan kereta api.

“Di sini kita bukan menegakkan hukum, tapi pembinaan. Kalau pun nantinya ada yang positif, kita serahkan sanksinya kepada Daop VII Madiun,” jelas Henry.

Dalam tes urine yang digelar kali ini, seluruh masinis negatif narkoba. Namun pihak BNNK Blitar akan terus melakukan tes urine kepada masinis secara berkala. (Aji/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim