Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jelang Imlek Patung Dewa Dibersihkan

Jelang Imlek Patung Dewa Dibersihkan
Proses pembersihan patung-patung dewa di Klenteng Poo An Kiong Blitar Jawa Timur

TerasJatim.com, Blitar – Menjelang datangnya tahun baru Imlek yang akan diperingati oleh umat Tionghoa pada tanggal 8 Februari mendatang, kesibukan mulai terlihat di Klenteng Poo An Kiong, yang berada di Kelurahan Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kota Blitar Jawa Timur.

Beberapa warga Tionghoa dan pengurus Klenteng tampak mulai sibuk membersihkan patung-patung Dewa, untuk menyambut perayaan tahun baru Imlek.

Satu persatu patung-patung Dewa dibersihkan dengan kuas, untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di badan patung Dewa. Selanjutnya patung Dewa dicuci dengan air kembang, dan dibilas dengan air bersih. Setelah bersih, barulah patung-patung Dewa tersebut ditata kembali pada tempatnya masing-masing.

Wakil Ketua Klentang Poo An Kiong, Alik, mengatakan, prosesi membersihkan patung-patung Dewa ini, rutin dilakukan setiap menjelang hari perayaan Imlek.

“Rangkaian menyambut tahun baru Imlek dimulai kemarin, dengan berdoa di Klenteng dan selanjutnya hari ini membersihkan patung-patung Dewa.” ujar Alik.

Sementara itu, salah satu Rohaniawati Klenteng yang ikut membersihkan patung Dewa, Endang Titis mengatakan, patung-patung Dewa yang jumlahnya enam puluhan ini, dibersihkan dengan air kembang mawar dan melati.

“Diharapkan dengan pembersihan ini, umat dan warga Tionghoa selalu diberi keselamatan dan keberkahan di tahun baru Imlek.” harap Endang Titis.

Sementara untuk pemasangan pernak pernik lampu khas Imlek, lampion,  pihak Klenteng rencananya akan melaksanakannya pada hari Sabtu dan Minggu besuk. (Aji/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim