Jebol Plafon, Seorang Tahanan Lapas Bondowoso Kabur

Jebol Plafon, Seorang Tahanan Lapas Bondowoso Kabur

TerasJatim.com, Bondowoso:- Abdurahman bin Sujak, warga Dusun Taman Desa Mengok Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso Jatim, kabur dari Lapas Kelas IIB Bondowoso, Rabu (01/02). Tahanan berusia 27 tahun tersebut berhasil lolos, setelah menjebol plafon yang berada di ruang tahanan.

Menurut Kalapas Bondowoso, Ade Kusmanto, kaburnya tahanan diketahui pada saat apel siang pada pukul 13.00 WIB. Diperkirakan, tahanan tersebut kabur sebelum melakukan shalat berjamaah. Sebab sekitar pukul 10.00 WIB, dia masih terlihat bolak-balik ke wartel untuk menelpon seseorang.

“Sebelum kabur, tahanan ini bolak-balik ke wartel menelpon seseorang, yang kita duga merencanakan untuk kabur dari Lapas,” katanya.

Ade menambahkan, Abdurahman masuk menjadi warga binaan pada tanggal 11 Agustus 2016 lalu terkait kasus penadah. Dia divonis pidana selama 1 tahun 2 bulan.

“Yang bersangkutan ini tanggal 15 Desember 2016 sudah dibon untuk perkara yang kedua, dan sudah menjalani sidang kedua, mungkin dia berpikir hukumannya akan bertambah dan akhirnya dia pilih kabur,” terang Kalapas.

Ade mengaku, kaburnya tahanan ini disebabkan jumlah petugas lapas yang tidak seimbang dengan jumlah tahanan yang ada.

“Petugas pengamanan berjumlah 20 orang yang disebar di 4 pos penjagaan, sementara jumlah tahanan di sini sebanyak 282 orang, termasuk titipan,” ujarnya.

Pihak lapas sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat untuk melakukan penangkapan terhadap tahanan yang kabur, termasuk mendatangi tempat kerja istri Abdurrahman di sebuah toko kosmetik di Bondowoso.

“Ternyata istrinya pamit keluar sebentar kepada pemilik toko sekitar pukul 11.00 WIB dan tidak kembali lagi,” imbuhnya.

Diduga pelarian Abdurrahman masih di sekitar Kota Bondowoso. Hal ini diketahui dari hasil pelacakan ponsel miliknya. (Luk/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim