Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jatim Urutan Pertama Dalam Pemberantasan Pungli

Jatim Urutan Pertama Dalam Pemberantasan Pungli

TerasJatim.com, Surabaya – Masih adanya praktek pungutan liar (pungli) yang diungkap oleh Tim Saber Pungli Polda Jatim mendapat perhatian serius dari sejumlah pihak.

Gubernur Jatim, Soekarwo menuturkan, persoalan kasus pungli terjadi karena persoalan integritas.

“Kasus pungli ini lebih pada persoalan integritas bukan sistem. Hatinya tidak kuat untuk godaan terhadap itu (pungli, red),” jelas Pakde Karwo, sebutan akrab Soekarwo, dalam Rakor dan Anev Unit Pemberantasan Pungli Provinsi Jatim, di Hall Hotel Whyndam Surabaya, Kamis (13/09).

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga mengapresiasi kinerja Tim Saber Pungli Polda Jatim yang dianggap berjasa di balik kemajuan ini. Hingga kasus pungli di Jatim dianggap relatif rendah.

“Dalam waktu dekat, tim Saber Pungli Polda Jatim akan menerima penghargaan dari sebuah majalah nasional atas kinerjanya dalam memberikan pelayanan publik. Number one (nomer satu, red),” ungkapnya.

Ia mengaku bangga karena dalam penghargaan tersebut Jatim menempati urutan pertama dalam hal pemberantasan pungli. “Progress-nya Saber Pungli ini sudah bagus, makanya besok tanggal 14 itu Tempo (memberi penghargaan, red) terkait melakukan fungsi pelayanan publik di Jawa Timur itu sampai di saber pungli itu nomor satu,” ujarnya.

Namun atas penghargaan yang diterima nanti, Pakdhe Karwo meminta agar tim saber pungli tidak mudah puas. Akan lebih baik jika kinerja tim saber pungli bisa diperluas lagi.

“Tim saber pungli ini bisa diperluas. Saber pungli itu tugasnya jangan sampai ada pihak yang meminta, pungli dari masyarakat yang mengakibatkan masyarakat menjadi korban,” jelasnya.

Sementara, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan berharap untuk Jatim sendiri diharapkan “Zero Pungli” sehingga dapat membawa Jatim menjadi lebih baik tanpa adanya pungli di berbagai instansi.

“Kami dengan stakeholder akan bekerja secara maksimal untuk pemberantasan pungli yang ada di Jatim,” tegasnya. (Jnr/Ah/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim