Antisipasi Teror Tahun Baru, 17 Pelabuhan Kecil di Banyuwangi Diawasi

Antisipasi Teror Tahun Baru, 17 Pelabuhan Kecil di Banyuwangi Diawasi

TerasJatim.com, Banyuwangi – Menjelang pergantian tahun, pengawasan di sejumlah kawasan perairan Banyuwangi Jawa Timur kian diperketat. Tidak hanya pelabuhan besar seperti Pelabuhan ASDP Ketapang, sejumlah pelabuhan kecil juga tak luput dari pengawasan Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Banyuwangi.

Setiap hari sejumlah petugas terus melakukan patroli laut. Kawasan yang disisir membentang dari perairan Baluran yang masuk Kecamatan Wongsorejo sampai perairan Sukamade di Kecamatan Pesanggaran.

Patroli ini melibatkan petugas Polairud yang bermarkas di Ketapang dan sejumlah Pos Polairud yang tersebar di 4 wilayah yakni, Pantai Boom Banyuwangi, Pelabuhan Muncar, Pantai Grajagan, serta Pantai Pancer.

Kasatpolair Polres Banyuwangi AKP Subandi mengatakan, pihaknya mencatat setidaknya terdapat 17 titik pelabuhan tradisional di Banyuwngi.

Belasan pelabuhan berskala kecil tersebut, selama ini sering digunakan sebagai tempat labuh perahu nelayan. Selain itu masih ada titik lain yang juga digunakan sebagai lintasan para nelayan dalam mencari ikan di laut.

“Tujuh belas pelabuhan kecil itu intens kita datangi saat patroli. Para nelayan kita beri arahan agar membantu Polisi Perairan mengamankan libur akhir tahun agar aman dan jauh dari aksi terorisme,” paparnya, Senin (26/12).

Subandi menambahkan, pihaknya meminta para nelayan untuk turut mewaspadai orang tak dikenal yang hendak menggunakan jasa perahunya untuk menyeberang ke Bali.

Dikhawatirkan orang yang menyewa perahu tersebut memiliki niat jahat dan termasuk dalam salah satu pelaku teror yang hendak beraksi di Pulau Dewata.

“Bila melihat orang tak dikenal tiba-tiba menyewa perahu, supaya memberitahu polisi. Boleh ke anggota Polisi Perairan atau personil kepolisian dari polsek terdekat,” pesannya. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim