Jangan Sering Menyentuh Bagian Tubuh ini, Mana Saja?

Jangan Sering Menyentuh Bagian Tubuh ini, Mana Saja?

TerasJatim.com, Surabaya – Beberapa bagian tubuh kita ternyata tak dianjurkan untuk sering-sering disentuh dengan tangan. Apalagi tangan dalam kondisi kotor.

Alasannya, perpindahan kuman dan bakteri paling banyak terjadi disebabkan jika kita terlalu sering menyentuh berbagai benda dengan tangan, lalu tak sengaja menyentuh beberapa bagian tubuh. Hasilnya dapat membuat anggota tubuh tersebut mengalami infeksi atau tertular penyakit tertentu.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan mengungkap fakta, bahwa tangan adalah obyek paling berperan besar dalam perpindahan kuman tersebut, demikian dilansir oleh laman The Sun, seperti dilansir Sidomi.

Apa saja bagian tubuh yang tak boleh sering Anda pegang tersebut? Ini dia:

Lubang telinga

Mengorek lubang telinga dengan jari tangan adalah hal yang riskan. Kulit bagian dalamnya sangat sensitif dan berisi rambut halus yang berfungsi membantu pendengaran, sehingga rentan sekali rusak atau mengalami infeksi.

Kulit Wajah

Jika Anda sering menderita jerawat, maka ingat-ingat apa Anda kerap memegang bagian wajah sebelumnya? Kulit wajah termasuk sensitif dan rentan alami infeksi, bila bakteri masuk ke dalam porinya. Hasilnya muncul jerawat yang dipicu oleh maraknya kuman di wajah.

Bokong

Bagian tubuh ini punya banyak jenis bakteri terutama di wilayah sekitar anus, yang dapat membahayakan kesehatan. Jangan memegang daerah tersebut tanpa mencuci tangan dengan sabun setelahnya.

Mata

Bagian mata pun rentan mengalami infeksi disebabkan oleh kuman yang masuk akibat Anda mengucek atau menggaruk bagian sekitar mata.

Mulut

Journal of Applied Microbiology menuliskan bahwa 1/3 jenis kuman yang terdapat dalam mulut adalah akibat peran tangan yang masuk ke dalam mulut.

Hidung

Lubang hidung pun rentan alami infeksi dan jadi tempat berkembang biak bagi kuman jika Anda memegangnya. Terutama adalah bakteri Staphylococcus yang bisa masuk ke organ pernapasan.

Pastikan tangan selalu bersih dengan mencucinya menggunakan sabun, serta tak banyak memegang bagian tubuh seperti disebutkan di atas. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim