IPSI Bojonegoro: Pelaku Pemerkosaan Bukan Anggota Perguruan Silat

IPSI Bojonegoro: Pelaku Pemerkosaan Bukan Anggota Perguruan Silat

TerasJatim.com, Bojonegoro – Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Bojonegoro Jatim, angkat bicara soal kasus tertangkapnya ABR (22) warga Desa Payaman Kecamatan Ngraho Kabupaten setempat akibat memperkosa gadis di bawah umur di hutan Tambakrejo.

Pemuda yang kini dibui di sel tahanan Mapolres Bojonegoro itu, sebelumnya disebut-sebut sebagai anggota perguruan silat.

Dalam rilis pers-nya, Ketua pengurus IPSI Bojonegoro, Wahyu Subakdiono dengan tegas membantah jika pelaku pemerkosa adalah anggota salah satu perguruan silat.

“Itu tidak benar, pelaku bukan anggota perguruan silat. Kami pegiat pencak silat merasa tersinggung dengan adanya berita yang beredar soal pelaku pemerkosa yang dikasih embel-embel anggota pencak silat,” ujarnya, Rabu (11/01),

Ia berpesan agar jangan beropini serta menjustifikasi dengan konotasi yang negatif terhadap pencak silat sebelum melakukan klarifikasi ke pihak-pihak yang kompeten dan bertanggung jawab.

Senada, Sektetaris IPSI Kabupaten Bojonegoro, Sasmito mengatakan, setelah dilakukan pertemuan dengan para ketua perguruan silat yang ada di Bojonegoro terkait kabar tersebut, dipastikan pelaku bukan anggota silat manapun

“Memang saat kejadian pemerkosaan itu ada momen latihan. Namun,  pelaku maupun korban bukan anggota pencak silat,” tandasnya.

Ia juga menastikan telah melakukan kroscek data kepada organisasi pencak silat yang ditudingkan bahwa pelaku adalah anggota salah satu perguruan pencak silat, namun ternyata tidak benar dan dia bukan anggota pencak silat tersebut.

“Saya langsung menemui ketuanya dan juga mencari datanya bahwa dia pernah ikut latihan di salah satu perguruan silat, namun dikeluarkan karena melanggar aturan organisasi,” imbuhnya.

Pelaku pemerkosaan, lanjutnya,  hanya srmpat latihan beberapa kali saja dan belum masuk tingkatan apapun dalam organisasi silat yang pernah diikutinya apalagi menjadi warga perguruannya.

“Kegiatan pencak silat diduga hanya sebagai alasan pelaku saja, karena pelaku bukan anggota pencak silat manapun,” pungkasnya. (Saiq/Red/TJ)

Berdalih Ajak Ujian Silat, Pemuda asal Ngraho Bojonegoro ini Perkosa Gadis di dalam Hutan

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim