Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ini Manfaat Olahraga Ringan

Ini Manfaat Olahraga Ringan

TerasJatim.com – Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengungkap manfaat dari olahraga, termasuk olahraga ringan, semacam jalan dan jogging 10 menit per hari.

Meski terkesan sepele, namun aktifitas fisik ringan tersebut terbukti mampu menyehatkan otak, menjernihkan pikiran dan meningkatkan kinerjanya dalam menyimpan memori atau mengingat.

Studi tersebut dilakukan oleh periset dari Universitas California, Irvine di Amerika Serikat dan Tsukuba di Jepang.

Pada studi yang hasilnya telah dipublikasi dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences tanggal 24 September kemarin itu, dilibatkan 36 orang partisipan berusia 20-an tahun.

Para partisipan diminta melakukan olah raga ringan selama 10 menit dan diukur dengan ergometer. Usai olahraga mereka menjalani tes memori otak untuk melihat kinerja otaknya. Tes tersebut menggunakan beberapa gambar yang harus diingat oleh peserta.

Di kelompok lain, partisipan harus melihat pula tes gambar yang sama namun mereka tak melakukan olahraga terlebih dulu.

Hasil tes menunjukkan fakta mengejutkan, yakni kelompok yang berolahraga lebih dulu lebih mudah menjalankan tes mengingat gambar. Sementara kelompok yang tidak berolahraga ringan, hasilnya lebih rendah.

Dalam uji pemindaian (scanning) pada otak peserta yang olah raga, tampak bahwa ada peningkatan konektivitas di daerah otak yang berfungsi untuk penyimpanan dan ingatan. Fakta ini dikaitkan dengan lancarnya sirkulasi darah ke otak saat olahraga.

Jenis olahraga ringan yang dianjurkan pun mudah dilakukan, seperti berjalan, yoga, atau tai chi dan lainnya.

Karena peserta partisipan semua adalah kelompok pemuda, para ahli mengatakan bahwa hasilnya bisa berbeda jika dilakukan oleh orang dengan usia di atasnya. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim