Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ini Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Ini Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Kita

TerasJatim.com – Umumnya, Kurma adalah buah khas dari Timur Tengah. Namun seiring dengan kemajuan pertanian, kini tanaman tersebut bisa tumbuh subur dimana saja termasuk Indonesia.

Kurma merupakan buah yang identik dengan makanan untuk berbuka puasa. Tak hanya itu, sejatinya kurma juga baik dikonsumsi kapan saja.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Anda rutin mengonsumsi buah tersebut, baik dalam bentuk kering maupun basah.

Kurma memang mengandung nutrisi yang komplit, sehingga hanya dengan memakannya orang-orang yang hidup di gurun pasir Arab Saudi bisa tetap kuat dan sehat.

Penasaran manfaat kebaikan apa saja yang bisa diberikan oleh kurma untuk tubuh kita? Dilansir Sidomi dari laman Boldsky, berikut manfaat buah kurma:

Tulang kuat

Kandungan mineral pada kurma cukup lengkap, antara lain kalsium, selenium, mangan, magnesium dan tembaga. Semuanya baik dan dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang kuat.

Obat masalah usus

Masalah usus pun dapat diatasi dengan rutin konsumsi kurma sebab terdapat kandungan asam amino dan serat larut di dalamnya. Ia akan menghambat berkembangnya organisme patologis dan menyuburkan tumbuhnya bakteri baik.

Sembuhkan sembelit

Jika sedang mengalami sembelit, kurma juga bisa membantu menyembuhkannya. Cukup rendam beberapa butir kurma dalam air putih hingga beberapa jam, lalu minum airnya dan konsumsi buahnya.

Anemia sembuh

Mineral lain yang ada pada kurma adalah zat besi. Ia baik untuk pembentukan sel darah merah sehingga mencegah dan mengobati anemia atau kurang darah.

Menambah berat badan

Jika Anda mengalami kekurangan berat badan, konsumsi kurma bisa sekaligus membantu menambah berat Anda. 1 kilogram kurma miliki 3000 kalori. Tambahkan susu untuk mengonsumsinya agar khasiatnya maksimal.

Energi sehat

Buka puasa dengan kurma dapat mengembalikan energi Anda secara cepat dan sehat.

Jantung sehat

Mineral potasium dalam kurma membuat jantung lebih sehat, mengurangi resiko stroke, dan berbagai penyakit jantung lain. Ia juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sistem saraf sehat

Kalium dalam kurma membantu menyehatkan sistem saraf dalam tubuh, membuat otak lebih responsif, dan menguatkan memori.

Atasi diare

Mineral kalium pada kurma juga mampu mengurangi gejala diare, dan perut tak nyaman. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim