Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ini Bahayanya Jika Sering Menahan Kentut

Ini Bahayanya Jika Sering Menahan Kentut

TerasJatim.com – Saat sedang melaksanakan sholat dan terasa ingin buang angin (kentut), maka sebagian besar orang akan menahannya agar tidak keluar.

Demikian pula saat sedang berada di suasana sepi dan banyak orang lain di dekat kita, maka banyak yang memilih untuk menahan kentut agar tidak berbunyi dan menyebarkan bau yang mengganggu banyak orang.

Padahal, kebiasaan menahan kentut sebenarnya tidak sehat, dan berbahaya bagi diri sendiri.

Apa saja bahayanya untuk kesehatan? Berikut ini penjelasannya:

Wasir

Ancaman kesehatan yang bisa terjadi akibat menahan kentut adalah mengalami wasir. Ini karena otot yang berada pada dubur kerap menahan gerakan alamiah yang terjadi di pencernaan. Jika sering menahan, maka pembuluh darah di daerah tersebut akan melebar, dan memicu wasir.

Infeksi diverticulosis

Diverticulitis adalah nama lain dari pembentukan kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar. Divertikula (kantung) itu terjadi karena tekanan yang meningkat di titik-titik lemah pada dinding usus. Efeknya Anda bisa mengalami sakit di bagian pencernaan, demam, juga mual dan mengganggu siklus buang air besar.

Peritonitis

Peritonitis adalah kondisi peradangan di peritoneum. Itu adalah jaringan yang melapisi dinding bagian dalam perut.

Keracunan gas

Gas yang ada dalam perut bukan hal yang sehat sehingga memang harus dikeluarkan dalam bentuk kentut. Jika sering ditahan agar tidak keluar maka bisa menyebabkan masuknya gas ke dalam pembuluh darah yang ada pada dinding usus. Itu bisa menimbulkan keracunan gas. (Sis/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim