Ingin Plat Nomor Cantik? Ini tarifnya

Ingin Plat Nomor Cantik? Ini tarifnya

TerasJatim.com, Surabaya – Sebagian dari pemilik kendaraan, kadang menginginkan mengganti plat nomor mobilnya dengan angka cantik dan berbeda dengan plat bawaan.

Hal itu tidak dilarang dan boleh saja dilakukan, namun ada peraturan resmi yang mengatur perihal tersebut.Termasuk ada biaya resmi yang harus dibayar pemilik kendaraan sebelum membawa pulang plat impian mereka.

Mengurusnya bisa di Ditlantas Polda terdekat di kota Anda, dengan syarat yang mudah.

Syarat utama tentu saja nomor kendaraan tersebut belum digunakan oleh kendaraan lain, sehingga tidak ganda.

Tentang tarif atau biaya permohonan plat nomor cantik, ada dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 60/20016.

Dalam PP tersebut mengatur tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Biaya resminya jika nomor yang Anda inginkan terdiri dari 1 angka, maka tarifnya adalah Rp20 juta. Apabila 1 angka dan disertai satu huruf di belakang, maka tarifnya adalah Rp15 juta.

Lalu untuk nomor cantik 2 angka tanpa huruf belakang, banderolnya Rp15 juta. Jika dua angka dan di belakang ada huruf, maka Rp10 juta adalah tarif resminya.

Berbeda lagi jika tiga angka yang Anda pilih, tanpa huruf belakang maka tarifnya adalah Rp10 juta. Apabila tiga angka dengan huruf dibelakang, nominalnya adalah Rp7,5 juta.

Sedangkan biaya untuk nomor pilihan empat angka tanpa huruf belakang, adalah Rp7,5 juta. Jika ditambahkan dengan huruf di belakang, maka harga menjadi Rp5 juta.

Semua wilayah akan sama dalam penerapan biaya resmi pembuatan plat nomor cantik tersebut, seluruh Indonesia. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim