HUT ke-72 Brimob Polda Jatim Dipusatkan di Madiun

HUT ke-72 Brimob Polda Jatim Dipusatkan di Madiun

TerasJatim.com, Madiun – Ratusan personel Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda Jatim mengikuti upacara parade dalam rangka peringatan HUT ke-72 Brimob, di Alun-alun Kota Madiun, Selasa (14/11).

Dalam kegiatan itu, bertindak selaku inspektur upacara, Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Awan Samudera.

Komandan Sat Brimob Polda Jatim Kombes Pol Totok Lisdiarto ditemui usai upacara mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dipilihnya Madiun sebagai pusat peringatan HUT ke-72 Brimob. Satu diantaranya Madiun dianggap memiliki nilai histori, dengan monumen tentang personel Brimob yang gugur di Desa Kandangan, saat agresi militer Belanda II.

“Yang pertama, di Madiun belum pernah. Kalau Malang sudah pernah, Surabaya juga pernah. Di sini (Madiun) sebanarnya punya Batalyon G, itu batalyon tertua juga setelah itu dibubarkan dan sekarang didirikan lagi. Kemudian di Kandangan itu ada monumen tentang Brimob yang meninggal saat Agresi Militer ke-II. Jadi hanya monumennya saja, kalau jasadnya sudah dipindahkan ke TMP,” ungkapnya, Selasa (14/11).

Di usia Brimob yang ke-72, Totok berharap ke depannya seluruh personel korps baju hitam ini lebih humanis dan dicintai rakyat. Tidak hanya itu, Brimob juga diminta siap mem-backup pengamanan seluruh jajaran kepolisian di ke-wilayahan.

Dijelaskan oleh Totok, rangkaian acara memperingati HUT ke-72 Brimob, diawali dengan napak tilas berjalan kaki sepanjang 350 kilometer dari Surabaya menuju Madiun.

Kemudian dilanjut tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, dan puncak acara dilakukan upacara parade dan display sejumlah peragaan. Tak lupa juga acara tasyakuran dengan pemotongan tumpeng, serta malamnya, dilaksanakan panggung prajurit dengan mendatangkan sejumlah artis dari ibukota. (Bud/Kta/Red/TJ/KBRN)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim