Harga Cabai Rawit Masih Tinggi, Coba Ganti Dengan Bahan Dapur ini

Harga Cabai Rawit Masih Tinggi, Coba Ganti Dengan Bahan Dapur ini

TerasJatim.com, Surabaya – Harga cabai rawit di pasar tradisional dilaporkan masih relatif tinggi. Kondisi ini tentu membuat kaum ibu resah, sebab bagaimanapun uang belanja pasti akan bertambah di pos pengeluaran harian.

Cara paling mudah tentu mengurangi penggunaan cabe rawit untuk memasak. Jika itu tidak memungkinkan, ada baiknya untuk menggunakan cara alternatif dengan memakai bahan pengganti untuk membuat hasil masakan tetap pedas.

Adakah bahan pengganti cabai rawit, yang harganya lebih murah namun bisa memberi rasa pedas? Tentu saja ada.

Berikut ini beberapa diantaranya:

Cabe kering

Cabe kering saat ini mudah didapatkan, dan tentu saja rasanya tidak kalah pedas dengan cabai segar. Malah Anda bisa menyimpan hingga waktu yang lama tanpa perlu khawatir akan busuk. Cabe kering dapat juga jadi bahan untuk membuat sambal, Anda tinggal menaburkan di atas bawang merah dan tomat yang sudah dihaluskan, lalu diaduk rata.

Cabai merah besar/cabai hijau

Walau rasanya tidak sepedas cabai rawit, namun ini adalah alternatif pengganti yang lebih murah. Anda bisa gunakan dalam jumlah banyak untuk melengkapi bumbu atau sambal Anda.

Minyak cabai

Cara membuat minyak cabai adalah seperti berikut: tumis cabai rawit, lalu Anda bisa sisihkan cabenya dan ambil minyaknya. Ini adalah cara mengawetkan cabai, sekaligus mendapatkan minyak pedas. Minyak ini dapat ditambahkan ke bumbu masak atau sambal.

Merica

Merica juga memberi rasa pedas yang lebih cenderung panas atau hangat di tenggorokan. Gunakan secukupnya untuk menambah rasa pada masakan.

Jahe dan pala

Kedua rempah ini juga bisa jadi alternatif untuk memberi rasa pedas dan panas di masakan Anda. selain pedas, ada manfaat kesehatan lain dari kedua rempah tersebut lho. Semoga bermanfaat. (Kta/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim