Gempa Kemarin Malam, Rusak Sejumlah Rumah Warga di Jember

Gempa Kemarin Malam, Rusak Sejumlah Rumah Warga di Jember

TerasJatim.com, Jember:- Gempa berkekuataan 6,2 SR yang terjadi pada Rabu malam kemarin pukul 22.10 WIB, menimbulkan kerusakaan sejumlah rumah warga di wilayah Kabupaten Jember Jawa Timur.

Kerasnya guncangan gempa yang terjadi, membuat sejumlah bangunan rumah warga mengalami kerusakaan sedang hingga berat.

Pantauaan di lapangan, sebuah bangunan rumah warga di Desa Tegal Waru Kecamataan Mayang Jember, tampak rata dengan tanah. Puing dan atap rumah runtuh dan menimpa seluruh benda di dalam rumah. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu.

Pemilik rumah, Hasan mengatakan, guncangan gempa dirasakan cukup keras. Dirinya bersama anak dan istri yang sedang berada di dalam rumah sempat merasa panik, namun akhirnya  berhasil keluar sebelum puing rumah yang terbuat dari kayu miliknya roboh, dan menimpa seluruh perabotan di dalam rumah.

“Saat gempa saya sama istri ada di dalam rumah, guncanganya sangat keras. saya langsung lari keluar. Perabotan dan sepeda motor saya rusak semuanya tertimpa atap rumah,” ujarnya seperti dilansir KBRN , Kamis (17/11).

Walau tidak sampai mengakibatkan korban jiwa, namun kerusakaan rumah warga itu, telah menimbulkan kerugiaan material hingga mencapai 50 juta rupiah.

Informasi yang dihimpun, selain satu rumah warga di Kecamataan Mayang, dampak gempa juga dilaporkan merusak sejumlah rumah warga di beberapa kecamataan lainnya.

Dari data sementara BPBD Jember tercatat sedikitnya 4 rumah warga yang mengalami rusak berat. “Perkiraan ada 4 rumah warga yang dilaporkan terdampak gempa semalam, namun sampai Kamis pagi ini  (17/11) petugas BPBD masih mendata di lapangan, “ kata Kepala BPBD Jember, Suhanan saat dikonfirmasi.

Selain di Jember, Gemapa 6,2 SR juga dirasakan warga  di sejumlah daerah lain.

Sebelumnya seperti ditulis TerasJatim.com, gempa berkekuatan 6,2 SR mengguncang wilayah Malang dan kota lainnya di Jawa Timur, Rabu (16/11) malam. Gempa tersebut terjadi pada pukul 22:10:11 WIB.

Pusat gempa berada di tenggara Kabupaten Malang pada kedalaman 69 KM. Selain Malang Raya, gempa juga dirasakan sebagian warga di Kediri, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Sidoarjo, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Klaten Jawa Tengah, bahkan hingga di Pulau Bali. Namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (Luk/Kta/Red/TJ/KBRN)

Gempa Bumi 6,2 SR di Tenggara Kabupaten Malang

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim