Gempa di Pidie Aceh, Mahasiswa di Blitar Galang Bantuan Dana

Gempa di Pidie Aceh, Mahasiswa di Blitar Galang Bantuan Dana

TerasJatim.com, Blitar – Sekumpulan mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Blitar Jawa Timur, melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk disalurkan kepada korban gempa di Pidie Jaya, Provinsi Aceh.

Aksi penggalangan dana dilakukan di Perempatan Lovi Kota Blitar, Rabu siang.

Puluhan mahasiswa sejak pukul 13.00 WIB,  turun ke jalan untuk mengumpulkan bantuan kemanusiaan dari masyarakat setempat. Selain meminta sumbangan dari para pengendara jalan yang melintas, mahasiawa juga berorasi.

Koordinator aksi,  Nanang Habibi, mengatakan, kondisi korban gempa bumi di Pidie Jaya saat ini dalam kondiisi memprihatinkan, sehingga butuh kesadaran semua pihak untuk membantu mereka secara moril dan materil.

“Aksi ini merupakan bentuk keprihatinan terhadap warga Aceh yang sedang tertimpa musibah gempa bumi. Aksi solidaritas penggalangan dana ini kami lakukan untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah gempa bumi di Aceh dini hari tadi,” katanya.

Dijelaskan Nanang, aksi solidaritas penggalangan dana ini dilakukan selama tujuh hari kedepan.  Selain turun ke jalan,  mereka juga membuka posko di kampus mereka di jalan Tanjung Kota Blitar.

“Bantuan yang kami terima tidak hanya dalam bentuk uang, tapi juga barang lainya seperti baju, peralatan sekolah dan makanan,” ungkapnya.

Bantuan yang terkumpul, masih kata dia, akan langsung dikirimkan ke aceh melalui kantor Pos dan nomor rekening bank.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis gempa terjadi pada pukul 05.03.36 WIB, dengan pusat gempa di 5,25 Lintang Utara dan 96,24 Bujur Timur pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km, dengan pusat gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Akibat bencana gempa tersebut, dikabarkan lebih dari 90 orang meninggal dunia,  sementara ratusan orang lainnya mengalami luka-luka. (Aji/Red/TJ)

banner 468x60

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim