Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

e-Ticketing Segera Diberlakukan di Pantai Klayar Pacitan

e-Ticketing Segera Diberlakukan di Pantai Klayar Pacitan

TerasJatim.com, Pacitan – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora), di tahun 2019 ini merencanakan akan menerapkan retribusi masuk kawasan wisata secara elektronik atau e-Ticketing.

Kadisparpora Pacitan, Endang Surjasri mengatakan, penerapan e-Ticketing sebenarnya telah lama direncanakan. Bahkan, pihaknya telah membelikan sarana prasarananya tersebut sejak awal tahun 2018 lalu.

“Cuma dulu masih terkendala proses kerjasama dengan pihak bank penerima ini, dan bank belum siap untuk menyediakan tenaga kerjanya,” ujarnya, saat ditemui TerasJatim.com, Jumat (29/03/19).

Namun, lanjutnya, di tahun 2019 ini pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Bank Jatim, untuk pilot project pemberlakuan e-Ticketing pada objek wisata yang ada di Pacitan. Salah satunya, Pantai Klayar yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

“Khusus di Pantai Klayar dulu kita berlakukan e-Ticketing full, serta tempat parkir. Kalau Klayar nanti sudah oke, berarti yang lainnya tinggal copy paste saja,” katanya.

Menurutnya, alasan pemberlakuan e-Ticketing pada kawasan wisata yang merupakan andalan Pemkab Pacitan ini, tidak lain sebagai upaya Disparpora untuk berhemat dari sisi tenaga kerja. Mengingat, tenaga kerja di bawah naungan Disparpora masih sangat minim.

“Dengan langkah e-Ticketing ini, itu akan sedikit ‘ngirit’ (menghemat) terhadap tenaga kerja. Sebagaimana kita ketahui bersama, untuk tenaga kerja kawasan itu masih sangat kurang,” terang mantan Kasubag Humas Pemkab Pacitan ini.

Endang membeberkan, minimnya tenaga kerja tersebut karena terbatasnya anggaran yang di dapat. Sehingga, pihaknya pun belum bisa menambah pekerja pada kawasan wisata.

Meski demikian, pihaknya telah mengusulkan kepada Pemkab Pacitan untuk penambahan anggaran, agar bisa menambah tenaga kerja pada kawasan wisata. Namun, hal tersebut masih belum bisa terpenuhi.

“Belum terpenuhi, karena Pak Bupati masih berbagi perhatian dengan penanganan kemiskinan maupun sektor lainnya. Tapi, nanti untuk antisipasinya kami intensifikasi termasuk mungkin penambahan pos retribusi baru di Pantai Watukarung, yang sekarang ini sudah mulai ramai aliran arus wisatawan,” pungkasnya. (Git/Kta/Red/TJ)

Subscribe

Terimakasih Telah Berlangganan Berita Teras Jatim